alexa snippet

Seto Nurdiantoro Rekomendasikan PSS Agar Manfaatkan Pemain Lama

Seto Nurdiantoro Rekomendasikan PSS Agar Manfaatkan Pemain Lama
Pelatih PSS Sleman di ISC B 2016, Seto Nurdiyantoro, menyarankan manajemen agar mempertahankan pemain senior yang kerap jadi starter/Foto/pss-sleman.co.id
A+ A-
SLEMAN - Pembatasan pemain untuk usia di atas 25 tahun di kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2017 membuat PSS Sleman pening. Sebab, klub asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu diperkuat lebih dari 50% pemain di atas usia 25 tahun pada Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 lalu.

Aturan terbaru kompetisi Divisi Utama 2017 mengharuskan klub menggunakan pemain berusia maksimal 25 tahun. Klub masih dibolehkan merekrut pemain di atas usia 25 tahun sebanyak lima pemain saja. Kelima pemain tersebut dibolehkan tampil bersamaan di satu laga.

Regulasi itu membuat PSS harus putar otak memanfaatkan pemainnya yang ada saat ini. Pelatih PSS Sleman di ISC B 2016, Seto Nurdiyantoro, menyarankan kepada pihak manajemen, supaya pemain-pemain senior yang kerap menjadi starter sebaiknya dipertahankan.

"Dengan regulasi seperti itu, pemain di atas usia 25 tahun yang layak dipertahankan sebaiknya pemain yang sering main atau banyak bermain (di turnamen lalu). Dan melengkapi sejumlah posisi yang ada masing-masing," ujar Seto, Selasa (10/1/2017).

PSS Sleman yang menjadi runner-up ISC B 2016, memiliki Starting XI rata-rata di atas 25 tahun. mereka adalah kiper Agung Pras yang berusia 28 tahun, Waluyo (33) dan Eko Pujianto (27) di posisi center back, dan  Denny Rumba (31) posisi wing bek.

Mahadirga Lasut Maranando (28) posisi gelandang bertahan, Busari (30) posisi gelandang serang, dan Riski Novriansyah (27) posisi striker. Sedangkan empat pemain lainnya seperti Nanda Pradana (30), Tri Handoko (28), Aulia Ardhi (26), dan Bijahil Chalwa (26), tidak banyak mendapatkan kesempatan sebagai starter.

Sementara pemain PSS di bawah 25 tahun yang kerap diturunkan antara lain, Dave Mustaine (24) dan Chandra Waskito (22) untuk posisi gelandang serang, Crah Eka Angger (23) posisi wing bek. Sedangkan pemain lain seperti Jodi Kurniadi (20), Wahyu Sukarta (22), Andi Sandria (21), Saefudin (24), Rama Yoga (22), dan Oya Winaldo (25), tidak sering diturunkan.

Satu pemain muda lainnya yakni Bagas Adi (19) posisi center back juga sering dimainkan sebenarnya setelah lolos babak 16 besar. Namun mantan pemain Tim Nasional (Timnas) U-19 2016 ini kemungkinan besar tidak akan bergabung dengan PSS Sleman, setelah dikabarkan merapat ke Arema FC.

Seto mengaku sudah merekomendasikan secara lisan kepada manajemen agar mempertahankan pemain di atas 25 tahun yang kerap jadi starter. "Rekomendasi secara lisan sudah, ini juga masih tunggu laporan dari pelatih kiper, kemudian nanti digabung jadi satu. Untuk laporan tertulis ya akan disampaikan secepatnya. Setidaknya 70-80% layak dipertahankan. Kalau target tinggi sebaiknya tidak ubah tim yang ada, dan melengkapi kekurangan yang lain," jelas Seto yang pada musim kompetisi 2017 akan menjadi Asisten Pelatih PSS Sleman ini.



(sha)
loading gif
Top