Selamat Tinggal Jalur Keramat Ujian SIM C Angka 8, Berubah Jadi Model Sirkuit

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:50 WIB
loading...
Selamat Tinggal Jalur Keramat Ujian SIM C Angka 8, Berubah Jadi Model Sirkuit
Polri menerapkan desain baru perlintasan menyerupai sirkuit berbentuk huruf S. (Foto: Yoel Yusvin/iNews TV)
A A A
MAKASSAR - Jalur keramat berbentuk zig-zag dan angka delapan dalam ujian praktik SIM C kini tak lagi digunakan. Sebagai gantinya, Polri menerapkan desain baru perlintasan menyerupai sirkuit berbentuk huruf S.

Desain baru jalur ujian praktik SIM C ini telah diterapkan di Satlantas Polrestabes Makassar. Perubahan ini dilakukan setelah banyak keluhan masyarakat yang tidak lolos praktik uji SIM dan aturan baru Korlantas Polri.

“Berdasarkan keputusan Kakorlantas Polri tentang perubahan lapangan ujian praktik SIM, ada beberapa perubahan. Di antaranya uji pengereman, kemudian perubahan ujian dari angka delapan jadi huruf S,” ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Ngajib, Senin (7/8/2023).

Perubahan ini, kata dia, resmi berlaku sejak 4 Agustus 2023 dalam rangka memberi kemudahan kepada para pemohon SIM C.

Berdasarkan denah baru ini sirkuit ujian praktik SIM C memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok dan satu bagiannya berbentuk huruf S.



Saat uji praktik dimulai, pemohon Sim C masuk melalui garis start lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit.

Lintasan ini mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag atau disebut juga slalom.



Perubahan lintasan ini disambut baik para pemohon SIM C. Mereka merasa lintasan dengan model baru ini lebih mudah dilalui ketimbang jalur perlintasan yang lama. “Lapangan baru sekarang gampang, sudah sangat gampang dijalani tidak seperti kemarin-kemarin,” ujar Sukri, salah satu pemohon SIM C.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)