Kisah Pernikahan Megah Penguasa Majapahit Ratu Tribuwana Wijayatunggadewi

Selasa, 08 Agustus 2023 - 06:26 WIB
loading...
Kisah Pernikahan Megah Penguasa Majapahit Ratu Tribuwana Wijayatunggadewi
Ratu Majapahit Tribhuwana Wijayatunggadewi putri Raden Wijaya dan Gayatri Rajapatni versi AI Nusantara. Foto/Istimewa/AI Nusantara
A A A
Tribhuwana Wijayatunggadewi resmi naik takhta menjadi raja di Majapahit usai Jayanagara mati di tangan Ra Tanca. Tribhuwana Wijayatunggadewi yang masih anak dari Raden Wijaya pendiri Kerajaan Majapahit hasil pernikahannya dengan Gayatri Rajapatni.

Dia mulai memerintah menjadi raja perempuan pertama di Kerajaan Majapahit. Penobatannya sebagai raja membuatnya terkejut. Ia bahkan tak menyangka mendapat jabatan yang mentereng kala itu.

Apalagi Majapahit memiliki cita-cita untuk memperluas pengaruh di Pulau Jawa. Tetapi layaknya seorang putri yang lahir dari orang tua bangsawan Jawa, ia tetap menjaga sikap.



Earl Drake pada “Gayatri Rajapatni: Perempuan Dibalik Kejayaan Majapahit” mengisahkan bagaimana Tribhuwana dari seorang gadis yang anggun, pandai membawa diri, ramah, dan tenang, menjadi penguasa Majapahit.

Tingkah lakunya tak pernah gegabah dalam menampilkan perasaan suka cita maupun kekalutan yang tiba-tiba hadir dalam kehidupannya akibat kejadian di atas.

Penahbisan dan penobatan Tribhuwana sebagai ratu, dan juga upacara perkawinannya, digelar sesuai dengan tampilan dan upacara tradisional yang megah, dengan sedikit penyesuaian protokoler, agar statusnya sebagai penguasa perempuan tetap terlihat.



Setahun kemudian, pernikahan adik Tribhuwana, Rajadewi Maharajasa pun digelar tanpa kesulitan berarti karena ia bukan kepala negara.

Gayatri lega karena pihak kerajaan maupun khalayak pada umumnya menyambut hangat pengangkatan sang ratu muda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)