Mengenal Mocaf, Tepung Terigu dari Ubi dan Singkong Asal Trenggalek yang Punya Banyak Manfaat

Selasa, 08 Agustus 2023 - 12:02 WIB
loading...
Mengenal Mocaf, Tepung Terigu dari Ubi dan Singkong Asal Trenggalek yang Punya Banyak Manfaat
Modified Cassava Flour atau lebih dikenal dengan istilah Mocaf merupakan produk tepung berasal dari tumbuhan ubi kayu atau singkong. Foto/Stikes Surabaya
A A A
TRENGGALEK - Modified Cassava Flour atau lebih dikenal dengan istilah Mocaf merupakan produk tepung berasal dari tumbuhan ubi kayu atau singkong. Hal itu ditemukan oleh Prof. Achmad Subagio serta mulai menyebar pada tahun 2006 dimulai dari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Konsultan Millway Community, Ranny Frasthuthy mengungkapkan bahwa tepung terigu sebagai hasil olahan dari biji gandum memiliki kandungan gizi yang kaya akan protein dan gluten.

"Prinsip dalam memproduksi mocaf adalah memodifikasi sel singkong dengan proses fermentasi oleh bakteri asam laktat. Mocaf memiliki kandungan berbeda dari tepung terigu, tidak mengandung zat gluten atau zat yang menentukan kekenyalan pada makanan," ujar Ranny dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2023).

Namun, kata Ranny, bagi sebagian orang konsumsi makanan yang memiliki kandungan gluten tidak boleh berlebihan, terutama bagi beberapa orang terutama penderita penyakit celiac atau autoimun, mengonsumsi gluten dapat memicu alergi.



Namun, lanjutnya, ada juga sebagian orang memodifikasi pembuatan tepung terigu bebas gluten di antaranya tepung sorgum, tepung gandum, tepung jagung, tepung kelapa, tepung singkong dan tepung mocaf.

"itu sebabnya Mocaf memiliki sedikit protein dengan kaya akan karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu," katanya.

Keunggulan Mocaf

Ranny menjelaskan, Mocaf memiliki beberapa keunggulan seperti tidak berbau, memiliki warna lebih putih, mengandung kalsium, fosfor, kandungan serat dan mineral yang lebih tinggi daripada tepung terigu.

Selain itu, mocaf kaya akan vitamin c, teksturnya lebih halus, elastisitas tinggi dan lebih mengembang saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan olahan kue.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)