Apakah Air Kelapa Bisa Mengobati Diare? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:25 WIB
loading...
Apakah Air Kelapa Bisa Mengobati Diare? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Sebagian orang percaya air kelapa bisa mengobati diare. Banyak orang meminum air kelapa saat mengalami diare atau kondisi lain yang menyebabkan dehidrasi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya air kelapa bisa mengobati diare . Ini karena air kelapa sumber mineral alami yang dapat membantu rehidrasi, dan banyak orang meminum air kelapa saat mengalami diare atau kondisi lain yang menyebabkan dehidrasi.

Dilansir dari Health Line, Selasa (22/8/2023) namun, air kelapa juga dapat menyebabkan diare dalam beberapa kasus.

Air kelapa sangat menghidrasi dan dianggap sebagai alternatif alami untuk minuman olahraga. Selain itu, jumlah elektrolit dalam air kelapa bergantung pada apakah diperoleh dari kelapa muda atau tua dan dapat bervariasi.

Kelapa tua cenderung memiliki jumlah elektrolit yang lebih tinggi. Sebagai minuman kaya elektrolit, air kelapa dianggap sebagai pilihan minuman yang baik saat mengalami diare.



Apakah Air Kelapa Bisa Mengobati Diare? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Foto/Infografis SINDOnews

Studi menemukan bahwa air kelapa secara efektif mengobati dehidrasi akibat diare ringan. Air kelapa sebanding dengan minuman olahraga dalam rehidrasi dan kasus kehilangan elektrolit lainnya.

Diare sendiri ditandai dengan kehilangan cairan dan elektrolit yang signifikan dari tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Dalam kasus tersebut, disarankan untuk rehidrasi dengan minuman yang mengandung elektrolit.

Meskipun air kelapa dapat membantu mengobati dehidrasi ringan akibat diare, air kelapa memiliki efek pencahar dalam kasus lain. Minum terlalu banyak air kelapa dapat menyebabkan kelebihan konsumsi potasium, yang dapat menyebabkan diare pada beberapa orang.

Satu laporan kasus mendokumentasikan hiperkalemia, atau kadar kalium dalam darah yang tinggi, pada pasien yang minum beberapa porsi air kelapa dalam satu hari. Terlebih lagi, air kelapa kaya akan oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol (FODMAPs).



Ini merupakan karbohidrat rantai pendek yang dapat menarik air ke dalam usus dan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare pada beberapa orang. Air kelapa yang disiapkan secara komersial mengandung gula tambahan atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi.

Hal tersebut dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan. Minum banyak air kelapa yang dimaniskan atau dibumbui juga dapat menyebabkan diare. Untuk mengurangi risiko diare akibat air kelapa, pilih varietas tanpa pemanis dan hindari mengonsumsi banyak porsi sekaligus.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)