Berikut Ini Khasiat Surat Al-Qiyamah, Salah Satunya sebagai Penguat Hati

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:05 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat Surat Al-Qiyamah, Salah Satunya sebagai Penguat Hati
Apabila ia (Surat Al-Qiyamah) dibaca, maka dapat menguatkan hati dan badan. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Qiyamah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, membaca surah ini dapat menguatkan hati, dan meminum airnya menguatkan yang lemah.



Dalam Tafsirul Burhan disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qiyamah), maka aku dan Malaikat Jibril akan bersaksi untuknya di hari kiamat, ia termasuk orang yang percaya dengan hari kiamat, ia keluar dari kuburnya dengan wajah yang lebih terang dari wajah makhluk lainnya, cahayanya menyinari di antara kedua tangannya. Dan barangsiapa yang membacanya secara istiqamah dapat mendapatkan rezeki, perlindungan dan rasa cinta dari masyarakat.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal disebutkan bahwa Abi Ja’far berkata: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qiyamah) secara istikamah, dan beramal dengannya, maka Allah akan membangkitkannya dari kubur bersama Rasulullah SAW dalam sebaik-baiknya bentuk, diberi kabar gembira, dan wajahnya penuh bahagia hingga ia berjalan di atas shirat (jembatan) dan mizan."

Dalam Al-Misbah Lil-Kafami juga disebutkan: "Apabila ia (Surat Al-Qiyamah) dibaca, maka dapat menguatkan hati dan badan, dan bila airnya diminum dapat juga menguatkan badan yang lemah.”

Surat Al-Qiyamah – Al-Qiyamah sendiri artinya adalah “hari kiamat”. Surat yang terdiri atas 40 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qari’ah. Ia diberi nama Surat Al-Qiyamah, karena merujuk pada lafaz al-qiyamah yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)