Mengenal Jabatan Akademis dan Istilah-Istilah di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu

Kamis, 24 Agustus 2023 - 09:07 WIB
loading...
Mengenal Jabatan Akademis dan Istilah-Istilah di Kampus, Mahasiswa Harus Tahu
Gedung rektorat menjadi kantor resmi seorang Rektor yang merupakan salah satu jabatan akademis di universitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah jabatan di kampus di Indonesia. Para mahasiswa baru (maba), sebelum mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terkait dunia perkuliah dan kampus. Mulai dari istilah- istilah akademik dan juga beberapa jabatan yang ada di universitas.

Kenapa mahasiswa baru atau maba wajib mengetahui berbagai jabatan di kampus? Dengan mengenal jabatan di kampus, agar kamu nantinya tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jabatan-jabatan di kampus yang perlu diketahui.

Mengenal Jabatan di Kampus yang Perlu Diketahui Maba

1. Rektor


Rektor merupakan seseorang yang memimpin perguruan tinggi. Dalam menjalankan tugasnya seorang rektor bekerja di rektorat. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

2. Dekan


Dekan adalah Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin tertinggi di fakultas.

3. Kajur


Kajur adalah singkatan dari Ketua Jurusan. Mereka mengepalai sebuah jurusan. Mereka memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

4. Kaprodi


Kaprodi adalah sebutan dari Ketua Program Studi. Kaprodi sendiri adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.


5. Kadep


Ketua Departemen atau yang sering disingkat dengan Kadep adalah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya untuk melayani mahasiswa. Kadep sendiri memiliki tugas khusus dalam penyediaan fasilitas perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

6. Guru Besar

Guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi. Guru besar ini memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

7. Kahim


Kahim adalah singkatan dari Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas organisasi yang ada di internal maupun eksternal kampus.

Istilah Dunia Akademik dan Seputar Kampus

1. KTM


Istilah dalam perkuliahan yang wajib diketahui pertama adalah KTM atau akronim dari Kartu Tanda Mahasiswa. KTM biasanya didapatkan pada saat awal semester dan merupakan bukti sebagai seorang mahasiswa.

2. KRS


KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan lembaran yang berisikan daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Setiap semester mahasiswa harus mengambil KRS yang diwajibkan oleh kampus.

3. SKS


SKS adalah Satuan Kredit Semester. SKS merupakan satuan mata kuliah yang diambil per semester. Di perkuliahan kamu harus menyusun sendiri mata kuliah yang diambil untuk satu semester. Biasanya saat semester pertama SKS tersebut disusunkan oleh pihak universitas, sedangkan untuk semester selanjutnya kalian akan menyusun sendiri.

4. IPK


IPK adalah Indeks Prestasi Kumulutif yang merupakan nilai perhitungan rata-rata dari IP yang telah didapatkan tiap semester. IPK dipakai untuk menunjukkan nilai setelah mahasiswa lulus. Jika kamu mendapatkan IPK diatas 3,50 nantinya akan mendapatkan gelar secara cumlaude.

5. UKM


Selanjutnya ada UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM seperti ekstrakurikuler jika di SMA. UKM merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa. Jika kalian memiliki minat dan bakat tertentu segera ikuti UKM yang diinginkan.

6. BEM


BEM adalah Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus. BEM biasanya terdapat dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas.

7. NIM


Nomor Induk Mahasiswa atau yang biasa disebut NIM adalah hal penting bagi mahasiswa. NIM merupakan bukti resmi sebagai mahasiswa di suatu universitas.

8. KHS


KHS atau Kartu Hasil Studi merupakan hasil atau nilai yang didapatkan mata kuliah selama satu semester. KHS ibaratkan seperti nilai rapor jika di jenjang sekolah.

9. Semester Pendek (SP)


SP atau Semester Pendek merupakan semester tambahan yang sifatnya pilihan bagi mahasiswa yang ingin mengulang mata kuliah tertentu. SP ini biasa dilaksanakan diantara semester ganjil dan genap.

10. KKN


KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan kegiatan pengabdian masyarakat di luar kampus dan biasa dilaksanakan di semester akhir.


11. Hima


Hima adalah Himpunan Mahasiswa. Hima biasanya ada di tiap jurusan masing-masing fakultas.

12. Cumlaude


Cumlaude adalah sebutan untuk mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu dengan IPK yang tinggi.

13. Kalender Akademik


Kalender akademik adalah jadwal kegiatan akademik bagi mahasiswa yang disusun oleh pihak rektorat dalam kurun waktu satu tahun. Dalam kalender tersebut ujian mahasiswa, hari libur, dan sebagainya.

14. Asdos


Asdos adalah asisten dosen yang merupakan mahasiswa atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen dalam kegiatan perkuliahan.

15. Eksistensi


Eksistensi merupakan perpanjangan atau lanjutan dari program diploma/ vokasi ke jenjang sarjana.

16. Matrikulasi


Matrikulasi adalah program penyetaraan atau persamaan mata kuliah untuk mahasiswa baru. Mungkin dibeberapa kampus mempunyai istilah yang berbeda, namun secara umum seperti yang sudah dijelaskan di atas.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)