alexa snippet

Wow, Persib Bandung Jadi Pelabuhan Favorit Bintang Timnas Dunia

Wow, Persib Bandung Jadi Pelabuhan Favorit Bintang Timnas Dunia
Michael Essien resmi memperkuat Persib Bandung. Foto/Sindo/Dede Arip Rachman
A+ A-
BANDUNG - Persib Bandung kembali membuat kejutan di bursa transfer pemain Liga Indonesia. Kali ini klub kebanggaan warga Jawa Barat itu berhasil mendatangkan Michael Essien, gelandang tangguh yang sempat berkarier di Lyon, Chelsea, Real Madrid dan juga AC Milan.

Essien telah menyepakati kontrak berdurasi satu tahun. Bersama Persib, pemain Tim Nasional Ghana ini bakal mengenakan kostum bernomor punggung 5.

Sebelum kabar transfer Essien meramaikan pemberitaan di media massa, Persib sebenarnya sudah beberapa kali mendatangkan pemain level dunia. Bahkan beberapa di antaranya pernah memperkuat timnas negara-negara unggulan sepak bola semisal Chile, Kamerun dan juga Spanyol.

Berikut deretan pemain timnas dunia yang pernah berkarier di Persib:

1. Claudio Lizama
Persib sendiri mulai memakai jasa pemain asing sejak 14 tahun lalu. Diawali dari Claudio Lizama yang memperkuat Persib di pertengahan musim 2003. Nama Lizama pernah tercatat sebagai bagian dari Timnas Chile U-23.

2. Christian Bekamenga
Selanjutnya ada Christian Bekamenga yang merupakan eks pemain Tim Nasional Kamerun. Bekamenga jadi idola di mata Bobotoh. Namun sayang, ia hanya bertahan satu musim yakni dari 2007-2008. Bekamenga meninggalkan Persib karena rekan senegaranya, Nyeck Nyoba dipinjamkan ke Persela Lamongan. Selepas hengkang, ia tercatat membela sejumlah klub dan salah satunya adalah Nantes, kontestan di Liga Prancis.

3. Miljan Radovic
Miljan Radovic jadi pemain kelas dunia yang juga pernah memperkuat Persib. Ia bermain untuk Persib dari 2011-2012. Ia mencatat 47 penampilan dengan 17 gol yang mayoritas berasal dari tendangan bebas. Ia tercatat pernah bermain untuk Tim Nasional Montenegro.

4. Vladimir Vujovic

Rekan senegara Radovic, Vladimir Vujovic juga punya catatan dengan Timnas Montenegro. Bek bertubuh jangkung kekar itu membela negaranya pada 2006.

Hingga kini Vujovic masih jadi andalan di lini belakang Persib. Dirinya ikut berkontribusi saat Maung Bandung juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015.

5. Brahima Traore
Pemain yang bergabung ke Persib pada 2012 ini pernah memperkuat Timnas Burkina Faso di Piala Afrika 2010. Tapi penampilannya di Liga Indonesia sangat mengecewakan. Traore hanya memiliki karier singkat di kubu Pangeran Biru.

6. Naser Al Sebai

Naser Al Sebai, pemain Persib di musim 2012, juga tercatat menjadi bagian tim nasional Suriah U-23 pada 2007-2008. Selama satu musim, ia jadi tembok tangguh di lini belakang. Tapi ia terpaksa pulang ke Suriah di musim berikutnya karena adanya konflik di negaranya itu.

7. Makan Konate

Pemain ini masih membekas di ingatan para Bobotoh. Pada 2015 lalu Konate jadi andalan Persib dalam menjuarai kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Konate pernah jadi bagian dari Timnas Mali U-17 dan U-19. Konate kemudian hijrah ke Malaysia saat PSSI dibekukan pemerintah dan Indonesia disanksi FIFA.

8. Pemain Asia
Selain pemain-pemain dari luar benua Asia, Persib juga sempat mempekerjakan sejumlah nama dari negara tetangga. Sebut saja Kosin Sinthaweechai, Nipont Chanarwut dan Pradit Taweechai yang pernah bermain untuk Timnas Thailand. Selain itu ada juga Noh Alam Shah, Shahril Ishak serta Baihakki Khaizan yang merupakan eks penggawa Timnas Singapura.



(bep)
loading gif
Top