alexa snippet

Liga 1

Marquee Player Buat Liga 1 Makin Panas

Marquee Player Buat Liga 1 Makin Panas
Sejumlah pemain yang pernah berlaga di Liga Eropa akan coba digaet sejumlah klub tanah air untuk memenuhi aturan marque player. Foto : Ist
A+ A-
BANDUNG - Marque player yang jadi aturan baru di Liga 1 2017 membuat tensi persaingan kontestan kompetisi tertinggi tanah air mulai memanas. Semua tim besar memanfaatkan aturan baru ini dengan merekrut pemain yang pernah tampil di Liga Eropa.

Setelah Persib Bandung berhasil mendatangkan mantan pemain Chelsea, Michael Essien, Bali United, Persija Jakarta, Madura United hingga Arema FC saling berburu-buru pemain untuk memenuhi slot marquee player yang diterapkan. Padahal aturan tersebut tidak bersifat wajib untuk dipenuhi.

Bali United dikabarkan membidik striker bintang Eropa, Emmanuel Adebayor. Sementara Persija mengincar bek sayap AS Roma, Maicon Sisenando. Madura United memberikan isyarat siap mendatangkan Peter Osaze Odemwingie yang pernah bermain di sejumlah klub Liga Primer Inggris. Sedangkan Arema FC mendekati striker asal Uruguay, Diego Forlan.

Menanggapi hal itu, pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman memastikan Liga 1 2017 akan semakin menarik dengan adanya para marquee player ini. Tentu saja diharapkan akan meningkatkan kualitas dari sepak bola Indonesian itu sendiri.

"Ya, ini mungkin terobosan baru untuk meramaikan situasi kompetisi. Saya rasa ini bagus dan positif karena bagaimana pun sepak bola Indonesia sekarang makin dikenal," ujar Djanur.

Sebab, kata Djanur selama ini sepak bola Indonesia kurang begitu dikenal. Hal itu ia rasakan saat menjalani kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi A AFC di Bangkok, Thailand, Januari 2017 lalu.

"Saya waktu kursus di Thailand banyak orang yang kurang tahu terutama klubnya. Jadi dengan begini (penerapan marquee player) bisa semakin diketahui klub di dunia," katanya.

Benar saja, saat Persib Bandung berhasil mendatangkan Michael Essien, tidak hanya ramai diberitakan media dalam negeri. Media luar negeri pun turut menyoroti perekrutan yang dilakukan tim berjuluk Maung Bandung ini.

Seperti halnya USA TODAY. Mereka memberikan judul dalam kolom beritanya "Ex-Chelsea star Michael Essien moves to Indonesian club". Lalu Daily Mail dengan judul "Ex-Chelsea star Michael Essien moves to Indonesian club" yang juga mengutip berita dari The Associated Press (AP), dan dengan judul "Soccer-Former Chelsea midfielder Essien joins Indonesia's Persib" dengan sumber dari Reuters.

Selain itu diberitakan juga oleh media Outside90 dengan judul "Michael Essien signs with Indonesian giants", Graphic Online dengan judul "Michael Essien signs for Indonesian club Persib Bandung", dan Reuters Africa dengan judul "Former Chelsea midfielder Essien joins Indonesia's Persib".



(bbk)
loading gif
Top