Eks Pelatih Lee Hendrie Beberkan Sulitnya Merawat Sang Bintang

Senin, 20 Maret 2017 - 21:03 WIB
Eks Pelatih Lee Hendrie Beberkan Sulitnya Merawat Sang Bintang
Eks Pelatih Lee Hendrie Beberkan Sulitnya Merawat Sang Bintang
A A A
BANDUNG - Ini bisa menjadi pelajaran untuk Persib Bandung yang mengikat eks bintang Liga Inggris Michael Essien. Mantan Pelatih Lee Hendrie di Bandung FCm Agus Atha, mengungkapkan bagaimana sulitnya merawat sang bintang agar betah di klub.

Lee Hendrie merupakan pemain asal Inggris yang kenyang pengalaman di Liga Inggris. Ia bermain untuk Aston Villa pada 1995-2007. Dia juga tercatat pernah membela beberapa klub Inggris lain, mulai dari Stoke City, Sheffield United, Leicester City, Blackpool, Derby County, dan beberapa klub lain.

Agus Atha pun merasa beruntung pernah menjadi bagian tim pelatih Bandung FC saat itu yang berkompetisi di Liga Primer Indonesia (LPI) pada 2011 silam. Agus menjadi asisten pelatih di Bandung FC, dan pernah ikut menangani Lee Hendrie. Tapi Lee Hendrie hanya bertahan beberapa bulan. Dia tidak kerasan sehingga memilih pulang kembali ke Inggris.

Agus lalu bercerita soal sikap Lee Hendrie yang matang pengalaman bermain di Liga Inggris. Lee Hendrie dinilai tipikal pemain yang benar-benar profesional. "Di lapangan dia pemain yang santun, respek pada pelatih dan tidak pernah macam-macam. Semua porsi latihan dia jalani karena dia sadar apa yang jadi hak dan kewajibannya," kata Agus, Senin (20/3/2017).

Lee Hendrie menurutnya tidak pernah membangkang instruksi pelatih. Dia benar-benar patuh meski pelatih yang menanganinya sama sekali tidak dikenalnya.

Saat itu, Bandung FC ditangani Nandar Iskandar kemudian digantikan Budiman yang saat bermain identik sebagai pemain Persija Jakarta. Lisensi pelatih pun tidak pernah dipertanyakan Lee Hendrie.

Tapi, di luar sisi teknis, Lee Hendrie benar-benar memegang teguh komitmen. Apa yang menjadi haknya benar-benar dituntut. Salah satunya, Lee Hendrie meminta fasilitas rumah yang terdapat kolam renang.

Hal itu dipenuhi manajemen meski sebelumnya Lee Hendrie sempat tinggal sementara di salah satu hotel yang terdapat kolam renang. Permintaan Lee Hendrie jelas harus dituruti karena merupakan bagian dari poin kontrak kerjasama.

Ada juga permintaan Lee Hendrie agar dijemput dari tempat tinggal ke tempat latihan dengan menggunakan mobil Alphard. Hal itu sempat tidak dipenuhi manajemen dan membuat eks pemain timnas Inggris U-21 itu mogok latihan.

"Saat itu meski dijemput pakai mobil mewah dengan merk lain, dia enggak mau ikut latihan karena perjanjiannya dia maunya dijemput pakai Alphard," jelas Agus yang merupakan kiper Persib Bandung era 1980-an.

Berkaca dari pengalamannya pernah berada satu tim dengan Lee Hendrie, dia menarik kesimpulan sang pemain benar-benar sadar akan hak dan kewajibannya. Ia menuntut haknya. Tapi di sisi lain, kewajibannya dijalankan sempurna.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4880 seconds (0.1#10.140)