Hati-hati Barcelona, Juventus Sedang Dalam Performa Terbaik

Rabu, 29 Maret 2017 - 18:16 WIB
Hati-hati Barcelona, Juventus Sedang Dalam Performa Terbaik
Hati-hati Barcelona, Juventus Sedang Dalam Performa Terbaik
A A A
TURIN - Masih unggul delapan poin dari penantang terdekat di Liga Italia Serie A musim 2016/2017, AS Roma, Juventus tiba di jeda internasional akhir Maret dengan kondisi terbaik.

Posisi kuat Bianconeri bukan hanya karena pertahanan yang terbaik di Eropa dimana hanya kebobolan rata-rata 0,41 gol per laga di 2017, lebih sedikit dari tim manapun di lima liga teratas Eropa. Tetapi usaha kolektif tim, ikut membuat mereka menjadi yang terdepan dalam beberapa statistik kunci, mulai akurasi operan hingga variasi pencetak gol yang berbeda. Berikut statistik I Bianconeri hingga saat ini seperti dilaporkan situs resmi klub.
Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas AC Milan di Liga Italia beberapa waktu lalu. (Foto-Juventus)
USAHA TIM
Kunci dari kesuksesan Juve musim ini, seperti lima musim sebelumnya di Juventus Stadium, adalah konsistensi luar biasa dalam pertahanan mereka. Ini adalah grup yang penuh komitmen di setiap fase sebagai satu tim: dari depan hingga ke belakang.

Pasukan polesan allenatore Massimiliano ‘Max’ Allegri, sejauh ini membiarkan lawan mereka melakukan tembakan ke gawang mereka sebanyak 253 kali, di mana 77 diantaranya menguji kiper Gianluigi Buffon dan Norberto Neto. Kedua angka ini membuat mereka berada di puncak Serie A dan sangat menjelaskan selisih gol mereka yang mengesankan yaitu +40, tertinggi di liga.

Cerita tentang konsistensi dan efikasi berlanjut lebih jauh lagi di lapangan. Hanya Napoli yang telah menuntaskan lebih banyak operan dengan akurasi lebih besar dari pada Juve sejauh ini (15.692 dalam 85,2 persen). Sementara sang juara bertahan juga menemukan diri mereka berada di peringkat 5 teratas dalam penguasaan bola rata-rata (56,2 persen), tembakan mengarah target (170) dan gol yang dicetak (59).

Kualitas di segala lini
Gonzalo Higuain dengan Paulo Dybala (Juventus) musim 2016-2017. (Foto-Juventus)
PEMAIN KUNCI

Sebanyak 19 gol Gonzalo Higuain di Serie A menempatkannya pada posisi ketiga di belakang pencetak gol terbanyak saat ini, Andrea Belotti (22). Sedangkan 97 peluang ke gawang Higuain, 47 diantaranya mengarah target, menempatkannya masing-masing di posisi keempat dan kelima dalam hal tembakan.
Miralem Pjanic dengan Sami Khedira dalam sebuah laga Juventus musim 2016-2017. (Foto-Juventus)
Secara internal, tidak ada pemain Juve yang melepaskan umpan silang lebih banyak dari pada Miralem Pjanic – termasuk sepak pojok – bahkan lebih banyak menciptakan peluang gol bagi rekan satu timnya (45).

Sementara Alex Sandro memimpin dalam hal merebut kembali bola (146) dan memenangkan tekel (53). Kemudian Leonardo Bonucci tetap tak tersentuh sebagai pengatur permainan paling konsisten di skuat (1.205 operan sukses). Ada pun Paulo Dybala juga mencatatkan 47 dribel sukses yang merupakan tertinggi di tim.

Melihat statistik ini, tentu saja Barcelona sebagai lawan Juventus di babak perempat final Liga Champions mesti mewaspadainya. Bukan begitu Juventini dan Barcelonistas?
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3400 seconds (0.1#10.140)