Jelang Liga 1, BOPI Sentil PSSI

Senin, 03 April 2017 - 20:56 WIB
Jelang Liga 1, BOPI Sentil PSSI
Jelang Liga 1, BOPI Sentil PSSI
A A A
JAKARTA - Kick off Liga 1 2017 terancam diundur. Sebab PSSI selaku induk organisasi sepak bola di Indonesia belum menyerahkan sejumlah laporan yang diminta oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Disebutkan Noor Aman selaku Ketua Umum, ada empat hal yang menjadi perhatian BOPI. Pertama menyangkut legalitas operator dimana saat ini kompetisi dikoordinir oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Selanjutnya ada aspek legalitas klub, perlindungan terhadap pelaku sepak bola (pemain, pelatih dan ofisial) serta keberadaan pemain asing. Untuk poin terakhir BOPI menekankan agar pemain asing memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara). Sebab jika tidak memilikinya, para pemain dilarang ikut pertandingan.

"BOPI perlu waktu untuk verifikasi sebelum memberikan rekomendasi, namun sampai saat ini BOPI belum menerima surat permohonan dari PSSI maupun pihak operator," kata Noor Aman di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (3/4/2017).

"Bila pemain tidak memiliki KITAS tidak boleh bermain. Jika pemain itu hanya memiliki visa kunjungan, dia tetap tidak boleh bermain," tambahnya.

BOPI akan menunggu hingga 5 Maret 2017. Jika tak juga menerima laporan, bisa saja kick off Liga 1 yang rencananya digelar 15 April mendatang terancam diundur sebab BOPI perlu waktu untuk melakukan verifikasi data.

"Selambat-lambatnya tanggal 5 April permohonan dengan disertai kelengkapan dokumen harus sudah diterima BOPI," ujar Sekjen BOPI, Heru Nugroho.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0997 seconds (0.1#10.140)