Menlu AS Berkunjung ke Ukraina, Rusia Intensifkan Serangan

Kamis, 07 September 2023 - 00:19 WIB
loading...
Menlu AS Berkunjung ke Ukraina, Rusia Intensifkan Serangan
Rusia terus mengintensifkan serangan ke wilayah Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Rusia terus meningkatkan serangan ke wilayah Ukraina di saat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berkunjung ke wilayah tersebut. Itu menunjukkan sinyal bahwa perang tidak akan reda dalam waktu cepat.

"Ukraina telah mencapai kemajuan penting dalam serangan balasannya terhadap invasi Rusia," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam kunjungan yang dibayangi oleh serangan Rusia di timur yang menewaskan sedikitnya 17 orang.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengutuk serangan itu, yang menurut para pejabat terjadi di pasar yang ramai di kota Kostiantynivka, dekat medan perang. Dia mengatakan seorang anak termasuk di antara korban tewas, dan para pejabat mengatakan sedikitnya 32 orang terluka.

“Kejahatan Rusia ini harus dikalahkan sesegera mungkin,” kata Zelenskiy, menggambarkannya sebagai serangan yang disengaja terhadap “kota yang damai”. Para penasihat politiknya memposting rekaman video yang menunjukkan ledakan setelah sesuatu yang terdengar seperti sebuah rudal mendekat, dan orang-orang berlarian mencari perlindungan atau jatuh ke tanah.

Rusia tidak segera mengomentari serangan tersebut, dan membantah sengaja menargetkan warga sipil.



Blinken, pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi Kyiv sejak serangan balasan dimulai pada awal Juni, diperkirakan akan mengumumkan paket baru bantuan AS pada masa perang senilai lebih dari USD1 miliar.

Dalam komentarnya saat memulai pertemuannya dengan Zelenskiy, Blinken mengatakan dia terdorong oleh hasil serangan balasan sejauh ini. Dia mengatakan dia menantikan penjelasan presiden tentang dua hari yang dihabiskan di dekat posisi garis depan minggu ini.

“Tapi yang pasti kami melihat kemajuan penting yang dicapai saat ini dalam serangan balasan dan itu sangat, sangat menggembirakan,” kata Blinken.

Blinken sebelumnya telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba saat kunjungan dua harinya dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)