Pembentukan Timnas Futsal Senior, Coach Vic Kantongi 30 Nama

Selasa, 18 April 2017 - 19:05 WIB
Pembentukan Timnas Futsal Senior, Coach Vic Kantongi 30 Nama
Pembentukan Timnas Futsal Senior, Coach Vic Kantongi 30 Nama
A A A
SLEMAN - Hingga pertengahan April 2017, sebanyak 30 nama pemain seleksi telah dikantongi Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Futsal Victor J Hermans. Mereka yang diambil dari berbagai klub liga futsal profesional itu akan diproyeksikan menjadi timnas futsal senior untuk SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan Piala AFF 2017.

Sejak kedatangan ke Indonesia beberapa waktu lalu, Coach Vic telah berkeliling ke sejumlah daerah untuk menyaksikan klub-klub futsal yang berlaga di liga futsal profesional dan mencari pemain potensial dalam kesempatan itu.

"Ya, terakhir saya ke Mataram awal April 2017 lalu, dari keliling berbagai tempat dan melihat sejumlah pertandingan saya sudah dapat banyak nama. Ada sekitar 30 pemain seleksi dalam pantauan sementara," ujar Coach melalui penerjemahan Youri Van der Torren seusai memimpin latihan Timnas Futsal U-20 di Lapangan Planet Futsal, Sleman, Selasa (18/4/2017).

Jumlah tersebut bisa saja bertambah apabila nantinya ada pemain dari tim lain maupun pemain Timnas U-20 yang menampilkan performa bagus dalam AFC Futsal Championship di Bangkok, Thailand, pada 16-26 mei 2017 mendatang.

Dalam hal ini tidak menutup kemungkinan pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada pemain-pemain muda tersebut untuk naik kelas ke tim senior. Pelatih asal Belanda itu sejauh ini masih enggan memberitahukan secara detail ke-30 nama pemain yang masuk dalam bidikannya. Mengingat dirinya masih berkonsentrasi pada pemusatan latihan Timnas Futsal U-20 di DIY.

Meski demikian, besar kemungkinan akan ada perombakan nama pemain dari skuat Timnas Futsal Senior sebelumnya. Coach Vic sendiri mengakui performa tim dalam Piala AFF 2016 yang digelar pada Januari 2017 lalu, tidak cukup bagus sehingga ada keinginan untuk mengubah komposisi tim dan membentuknya lagi dari awal.

"Ya pokoknya jangan seperti yang lalu, (yang performanya) tidak bagus. Siapa nanti yang akan diseleksi setelah turnamen futsal di Bangkok. Mungkin ada beberapa pemain U-20 juga yang naik kelas, tergantung performa di ajang itu. Mereka ini nantinya akan dipersiapkan untuk SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan Piala AFF 2017," jelasnya.

Terkait tim-tim futsal yang patut diwaspadai di lingkup Asia Tenggara, menurutnya Indonesia dan Thailand masih masuk sebagai tim yang memiliki kans. Sementara di lingkup Asia, ada timnas Iran yang masih mendominasi.

Coach Vic menuturkan, meski tidak dibebani dengan target tinggi dalam sejumlah penampilan timnas Indonesia di ajang internasional nantinya, namun dia setidaknya ingin menyajikan permainan terbaik dari tim. Begitu pula dengan Timnas Futsal U-20 yang kini tengah dipimpinnya.

Hanya saja, hingga saat ini pihaknya masih terkendala dengan ketiadaan uji coba level internasional, setelah rencana laga kontra Arab Saudi dan Vietnam batal dihelat. Sudah berupaya melakukan komunikasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI), Coach Vic berharap pihak FFI dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami tim.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4029 seconds (0.1#10.140)