Pastikan Tak Ada Keberpihakan dan Kecurangan, Wapres: TNI-Polri Jaga Netralitas

Senin, 11 September 2023 - 22:00 WIB
loading...
Pastikan Tak Ada Keberpihakan dan Kecurangan, Wapres: TNI-Polri Jaga Netralitas
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengingatkan TNI dan Polri untuk menjaga netralitas pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Senin (11/9/2023). Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan TNI dan Polri untuk menjaga netralitas pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia juga meminta agar tidak ada keberpihakan dan kecurangan.

"TNI, dan Polri, saya minta terus jaga netralitas. Pastikan tidak ada keberpihakan dan kecurangan yang dapat mengurangi kredibilitas dan akuntabilitas Pemilu," tegas Wapres dalam sambutannya saat menghadiri acara di The Sultan Hotel Jakarta, Senin (11/9/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Wapres juga berpesan kepada partai politik untuk selalu membawa kesejukan menjelang Pemilu.



"Seluruh tahapan menuju Pemilu hendaknya senantiasa dilakukan dalam situasi yang damai, sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan menikmati proses demokrasi yang menyenangkan dan berbalut persatuan nasional," sambungnya.

Lebih lanjut Wapres juga mendorong, agar penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di pusat dan daerah memastikan penyelenggaraan Pemilu di setiap tahapannya.

"Saya meyakini penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu terus bekerja keras menyelesaikan setiap tahapan Pemilu, baik pemilihan presiden, legislatif, maupun Pilkada," ungkapnya.

Sementara itu, Wapres meminta agar jika ada gugatan dari peserta Pemilu hendaknya diselesaikan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. "Jika ada gugatan dan sejenisnya, agar diproses melalui mekanisme sesuai dengan perundangan yang berlaku," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)