Asal Usul Penulisan Basmalah dan Keutamaannya

Selasa, 12 September 2023 - 22:26 WIB
loading...
Asal Usul Penulisan Basmalah dan Keutamaannya
Bahkan dalam satu riwayat disebutkan, setiap perkara baik yang tidak diawali dengan bismillah, maka akan terputus atau berkurang keberkahannya. Foto/ist
A A A
Bacaan Basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ) disebut juga Tasmiyyah yang artinya "dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang". Kalimat ini memiliki kandungan yang keutamaan yang sangat agung.

Bahkan dalam satu riwayat disebutkan, setiap perkara baik yang tidak diawali dengan 'bismillah', maka akan terputus atau berkurang keberkahannya. Itu sebabnya umat Islam diperintahka membaca 'Basmalah' setiap hendak makan dan minum, memakai pakaian, keluar rumah, ketika hendak tidur, menyembelih hewan. Bahkan ketika hendak berhubungan badan diperintahkan membaca "Basmalah".

Kalimat Basmalah ini juga ditulis 114 kali dalam Mushaf Al-Qur'an dan menjadi kalimat pembuka Surat Al-Fatihah. Hanya di Surat At-Taubah yang tidak diawali dengan Basmalah. Sebagai gantinya, kalimat ini diabadikan dalam Surat An-Naml ayat 30.

Asal Usul Kalimat Basmalah
Terdapat riwayat bahwa orang yang pertama kali menulis kalimat Basmalah adalah Nabi Sulaiman 'alaihissalam. Beliau menulis surat kepada Ratu Balqis dengan kalimat بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ dan disebut sebagai Kitabun Karim (surat yang mulia).

Kisahnya diabadikan Allah dalam Al-Qur'an :

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Artinya: "Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang." (QS. An-Naml Ayat 30)

Dalam Hadis yang diriwayatkan Abu Dawud diceritakan, "Dahulu Rasulullah ﷺ menulis diawali dengan kalimat "Bismika Allahumma". Ketika turun ayat "Innahu min Sulaiman wa innahu Bismilllahirrahmanirrahim (Surat An-Naml Ayat 30), maka beliau pun mulai menulis dengan "Bismillahir Rahmanir Rahim." (HRAbuDawud)

Diriwayatkan pula dari Asy-Sya'bi, biasanya orang-orang Arab Jahiliyah mulai menulis (surat) dengan kalimat Bismikallahumma, maka Rasulullah memulai apa yang beliau tulis dengan "Bismikallahumma". Sampai turun ayat "Bismillahi majreha wa mursaha" (QS. Al-Hud: 41), maka beliau pun mulai menulis dengan "Bismillah". Kemudian turun ayat "Ud'ullaha awir rahman" (QS. Al-Isra': 110), maka beliau pun mulai menulis dengan "Bismillahir rahman.". Tapi ketika turun ayat (Surat An-Naml: 30), maka beliau mulai menulis dengan بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ (Bismillaahirrahmaanirrahiim)." (HR Abdur Razaq, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Mundzir dan Ibnu Hakim)

Untu diketahui, Nabi Muhammad ﷺ adalah "Nabiyil Ummiyyi" artinya tidak memiliki kemampuan membaca dan menulis. Beliau adalah Rasul yang menerima wahyu langsung dari Allah. Ketika menulis surat beliau memerintahkan para sahabat untuk menuliskannya.

Keutamaan Basmalah

1. Perisai dari Gangguan Setan
Dalam Hadis disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

"Barang siapa yang membaca بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ pada setiap hari di waktu subuh dan sore sebanyak tiga kali maka tidak akan memudharatkan baginya sesuatu apa pun." (HR At Tirmidzi)

2. Mendapat Ampunan Allah
Dalam Kitab Qurrotul 'Uyun disebutkan Anas radhiyallahu 'anhu berkata: "Demi Allah yang Maha Agung, maka sungguh Abu Bakar telah menceritakan kepadaku dan beliau berkata: "Demi Allah yang Maha Agung maka sungguh Nabi Muhammad ﷺ yang terpilih telah menceritakan kepadaku dan Beliau telah berkata: "Demi Allah Yang Maha Agung maka sungguh Israfil telah menceritakan kepadaku bahwa Allah Ta'ala berfirman: "Demi keagungan-Ku, kedermawanan-Ku dan kemuliaan-ku, siapa saja yang membaca 'Bismillahir-Rahmanir-Rahiim' yang dihubungkan dengan pembuka Al-Fatihah sebanyak 1 kali, maka saksikanlah oleh kalian bahwasanya Aku telah memberi ampunan kepadanya dan Aku menerima amal kebaikannya dan Aku hapuskan semua kesalahannya. Dan Aku tidak akan membakar lidahnya di dalam api neraka dan Aku lindungi ia dari siksa kubur, siksa neraka dan siksa Hari Kiamat. Dan ia akan menemui-Ku sebelum para Nabi dan para wali seluruhnya."

3. Penggugur Dosa
Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi berkata: "Jikalau engkau terbiasa mengucapkan kalimat Basmalah di setiap ingin memulai pekerjaan, maka nanti pada hari Kiamat di saat engkau menerima lembaran amal perbuatanmu selama di dunia, engkau akan memulai membacanya dengan kalimat Basmalah sebagaimana kebiasaanmu didunia. Kemudian tanpa engkau sadari, seluruh dosamu telah dihapuskan, maka engkau pun heran dengan apa yang telah terjadi (padahal engkau telah banyak berbuat kemaksiatan ketika didunia). Seketika itu terdengarlah seruan, "Wahai hambaKu, sesungguhnya engkau telah memanggilku dengan Rahman dan Rahim (Maha Pengasih dan Maha Penyayang) maka aku hapuskan seluruh dosa-dosamu kerana sifatku yang maha kasih."

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)