Kunjungi PPSM, Persiba Bantul Optimis Raih Poin Pertama

Jum'at, 28 April 2017 - 04:00 WIB
Kunjungi PPSM, Persiba Bantul Optimis Raih Poin Pertama
Kunjungi PPSM, Persiba Bantul Optimis Raih Poin Pertama
A A A
BANTUL - Persiba Bantul optimis bisa meraih tiga poin penuh dalam laga tandang perdananya kontra PPSM Magelang, di Stadion Moch Soebroto Magelang, Sabtu (29/4) siang WIB. Hal itu tak lepas dari telah diketahuinya karakter permainan dari pelatih PPSM Magelang, Siswanto.

Seperti diketahui, sebelumnya Siswanto sempat menjadi caretaker Persiba di awal pembentukan tim. Tetapi, kekhawatiran terhadap mantan caretaker yang sedikit banyak telah mengetahui kekuatan Persiba, dinilai tidak beralasan. Mengingat performa Slamet Widodo dan kawan-kawan saat ini jauh berbeda dibandingkan sebelumnya.

Di sisi lain kekalahan pertama di kandang sendiri 0-1 ketika melawan PSIR Rembang pekan lalu, telah dijadikan motivasi bagi tim untuk meraih kemenangan. Plus skuat juga berusaha mengatasi kelemahan dalam hal mental bertanding.

Diakui oleh pelatih Persiba Bantul, Purwanto Suwondo, upaya yang dilakukan telah mengalami perkembangan positif sejauh ini. Para pemain pun diharapkan bisa tampil lepas dan percaya diri. "Sekitar sepekan mental bertanding tim sudah dibenahi, semoga bisa terlepas dari itu, bermain lepas dan percaya diri," ujar Purwanto.

Eks PSBI Blitar ini juga mengimbau supaya pemain dapat lebih disiplin, waspada, dan berkonsentrasi terutama dalam mengawasi pergerakan pemain lawan yang dijaga nantinya. Mengingat bisa saja peluang lawan muncul dari berbagai hal termasuk ketika pemain dalam posisi tidak membawa bola sekalipun.

Meski demikian, dirinya tidak ragu untuk menginstruksikan skuat bermain terbuka yang tentunya dengan tetap mengusung disiplin dan kewaspadaan tinggi di lini pertahanan.

"Semua perlu diwaspadai, dalam hal ini pemain harus cermat dalam mengamati pergerakan lawan, baik ketika mereka membawa bola maupun tidak membawa bola. Ya sedikit banyak tahu (karakter permainan PPSM), sebelumnya juga pernah lihat (ketika laga uji coba antara PPSM kontra PSIM Yogyakarta). Untuk pemain (yang akan dibawa) baru tahu tiga jam sebelum (keberangkatan ke Magelang)," jelasnya yang masih enggan menyebutkan pemain yang diturunkan nantinya.

Walau begitu, besar kemungkinan skuat ketika melawan PSIR Rembang pekan lalu tetap digunakan. Seperti Puthut Jati Purnomo di posisi kiper, Arif Arifin Sutsuga-Slamet Widodo-Susatria Nova Pradana di lini belakang, Andi Sandria-Bagus Ramadhani-Erdin Pratama-Hasnul Rifan-Johan Manaji-Wahudi di lini tengah, dan Nunung Dwi Cahyo di lini depan.

Selain itu penyerang Ahmad Junaidi juga ada kemungkinan diturunkan sejak babak pertama, setelah di laga lalu sempat dicadangkan dan baru dimasukkan di menit 61 menggantikan peran Erdin Pratama.

Selain Ahmad, di daftar pemain cadangan juga terdapat Ari Kuswanto untuk posisi kiper, David Armando Laksono-Muhammad Arif Kurniawan di lini belakang, serta Andre Eka Prasetya-Ginandaru Gesang Wicaksono-Sarjono di lini tengah.

Daftar ini bisa saja berubah seusai dengan kesiapan pemain masing-masing pemain. Saat ini di klasemen sementara Grup 4 Liga 2 musim 2017, Persiba Bantul masih nol poin. Sementara dua rival sedaerahnya, yakni PSIM Yogyakarta telah mengantongi tiga poin dari satu laga, dan PSS Sleman dengan tiga poin dari dua laga yang sudah dilakoni.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7554 seconds (0.1#10.140)