5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim

Senin, 01 Mei 2017 - 13:12 WIB
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim
A A A
JAKARTA - Sejumlah pelatih berada dalam posisi tidak menguntungkan. Mereka terancam diberhentikan pada akhir musim ini karena deretan hasil buruk yang diterima oleh klubnya masing-masing.

Dari banyaknya jumlah pelatih yang kariernya terancam, ada lima nama besar yang berpeluang lengser di akhir musim 2016/2017. Berikut lima pelatih tersebut:

1. Stefano Pioli
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim


Inter Milan mendatangkan Stefano Pioli pada November 2016 lalu. Pria kebangsaan Italia ini menggantikan posisi Frank De Boer yang kinerjanya dianggap kurang memuaskan.

Pioli diberikan kontrak selama tiga tahun dan awal perjalanan kariernya di kubu I Nerazzurri cukup mengesankan. Hanya lima kekalahan yang diterima Inter dari November 2016 sampai Maret 2017.

Tapi grafik penampilan Inter menurun drastis jelang berakhirnya kompetisi Serie A Italia. Usai menang 7-1 atas Atalanta, tim asuhan Pioli tak lagi meraih poin sempurna di enam laga beruntun. Dari kesempatannya itu, Inter kalah empat kali dan imbang dua kali (total 14 kebobolan).

Inter kini mengincar tiket kualifikasi Liga Europa musim 2016/2017. Tapi mereka masih terpaku di posisi tujuh, sedangkan jatah ke Liga Europa ada di urutan empat dan lima klasemen. Dalam empat laga tersisa di musim ini, Inter harus mengejar ketertinggalan dari AC Milan, Atalanta dan juga Lazio. Jika misinya gagal, Pioli kemungkinan besar akan didepak. Sebagai gantinya, Inter sudah mengincar Diego Simeone yang kini tengah menangani Atletico Madrid.

2. Arsene Wenger
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim


Arsenal tampil buruk di musim ini. Dari empat kompetisi yang mereka ikuti, peluang juara hanya didapat dari ajang Piala FA. Namun langkah Meriam London memenangi kompetisi tersebut tidaklah mudah. Sebab di laga final mereka harus menghadapi Chelsea, tim yang sedang berkuasa di Negeri Ratu Elizabeth.

Berkaca dari hasil tersebut, manajemen Arsenal terus mengevaluasi kinerja Arsene Wenger sebagai pelatih tim. Sejauh ini kontraknya belum diperpanjang dan semua keputusan sepertinya akan terjadi usai final Piala FA, 27 Mei 2017 mendatang.

Wenger sendiri yakin bakal dipertahankan oleh manajemen klub. Tapi jika itu terjadi, sejumlah pemain dikabarkan bakal hengkang karena sudah tidak cocok lagi dengan The Professor.

Di balik teka-teki masa depan Wenger, sejumlah pelatih sudah dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini. Sebut saja Eddie Howe (Bournemouth), Massimiliano Allegri (Juventus) dan Leornado Jardim (AS Monaco).

3. Unai Emery
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim


Keputusan Paris Saint Germain (PSG) memecat Laurent Blanc dan menggantinya dengan Unai Emery di musim panas 2016 lalu sepertinya bukan suatu hal yang mesti dipuji. Sebab pada musim pertamanya Emery sering mengantarkan PSG pada sejumlah kegagalan.

Hasil buruk yang paling diingat publik adalah kekalahan PSG di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Sempat menang 4-0 atas Barcelona pada leg pertama, PSG akhirnya tersungkur di pertemuan kedua. Tampil di markas El Barca, Les Parisiens dihajar dengan skor telak 1-6.

Tim asuhan Emery juga kesulitan bersaing di pentas Ligue 1 Prancis. Usai melakoni 35 pertandingan, PSG masih bertengger di posisi dua klasemen. Mereka memiliki 80 poin, tertinggal tiga angka dari AS Monaco. PSG mempunyai sisa tiga pertandingan. Di sisi lain, Monaco memiliki empat laga yang belum dimainkan. Artinya keuntungan mengarah pada Monaco karena jika kalah satu kali, mereka belum bisa dikejar oleh Edinson Cavani Cs.

Andaikan Emery dipecat, PSG nampaknya bakal mendekati Arsene Wenger. Kebetulan, kontrak Wenger dengan Arsenal akan usai di penghujung musim 2016/2017.

4. Zinedine Zidane
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim


Gelar Liga Champions 2015/2016, Piala Super Eropa 2016, dan Piala Dunia Antar Klub 2016 dianggap belum cukup untuk menyelamatkan karier Zinedine Zidane. Kabarnya dia akan dipecat jika Madrid tak mampu meraih gelar juara La Liga di musim ini.

Di kompetisi tersebut, Madrid tidak pernah juara dalam waktu yang cukup lama. Terakhir kali Los Blancos merayakan gelar juara La Liga terjadi pada musim 2011/2012 lalu. Selanjutnya Madrid selalu kalah saing dengan Barcelona dan Atletico Madrid.

Zidane sendiri memiliki kontrak hingga musim panas 2018. Tapi jika gagal di La Liga musim ini, manajemen Madrid sepertinya akan mengakhiri hubungan dengan sang pelatih lebih cepat dari perjanjian kontrak.

Untuk sementara, Madrid ada di posisi dua klasemen. Sergio Ramos Cs memiliki 81 poin, setara dengan Barcelona. Madrid punya jatah satu laga yang belum dimainkan. Jika menang, poin mereka akan mengungguli Barcelona. Tapi bila kalah, Madrid terancam gagal juara sebab kompetisi La Liga tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi.

5. David Moyes
5 Pelatih Ini Terancam Dipecat pada Akhir Musim


Sunderland sudah dipastikan terdegradasi ke Liga Championship (divisi dua Liga Inggris) pada musim 2017/2018. Sejauh ini tim berjuluk The Black Cats tersebut belum mampu bangkit dari dasar klasemen. Sunderland hanya memiliki 21 poin hasil lima kemenangan, enam imbang dan 23 kekalahan.

Melihat data tersebut, David Moyes menjadi sosok yang paling disalahkan. Hal itu wajar sebab dirinya merupakan pelatih tim yang wajib memikul tanggung jawab berat ketika menerima hasil negatif.

Sejauh ini Moyes belum mendapat surat pemecatan. Manajemen Sunderland nampaknya akan menunggu hingga akhir musim untuk mendepak pelatih asal Skotlandia tersebut.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0796 seconds (0.1#10.140)