Ada Operasi Zebra Jaya, Puluhan Pengendara Motor di Tanjung Priok Nekat Putar Balik

Senin, 18 September 2023 - 17:21 WIB
loading...
Ada Operasi Zebra Jaya, Puluhan Pengendara Motor di Tanjung Priok Nekat Putar Balik
Puluhan pengendara motor di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara nekat putar balik saat melihat petugas kepolisian menggelar Operasi Zebra Jaya 2023. Foto/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi salah satu titik Operasi Zebra Jaya 2023 yang digelar Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai hari ini hingga 1 Oktober 2023. Di sana, polisi menyasar sejumlah pengendara roda dua yang tidak memakai helm.

Terdapat beberapa pengendara motor (pemotor) yang diberhentikan petugas lantaran tidak memakai helm saat berkendara. Petugas kemudian menanyakan alasan pengendara nekat tidak menggunakan helm saat di jalan raya. Setelah memberikan imbauan kepada pengendara, polisi kemudian memberikan helm gratis.

Ada hal yang unik dalam Operasi Zebra Jaya 2023 ini, meskipun polisi mengedepankan upaya preventif dengan memberikan edukasi. Namun, banyak di antara pengendara yang takut dengan gelar operasi ini. Sehingga banyak pengendara yang putar balik kendaraan.

Ada Operasi Zebra Jaya, Puluhan Pengendara Motor di Tanjung Priok Nekat Putar Balik






Seperti yang dilakukan salah satu pengendara motor Angga (23), dirinya mengaku menghindar operasi polisi lantaran tidak menggunakan helm karena terburu-buru membawa motornya yang baru saja diservis di bengkel daerah Warakas dan hendak membawa pulang menuju Koja.

"(Sempat mau kabur) iya tadi, saya baru dari Warakas mau beli sparepart. Tadi kaget saya pikir ada uji emosi atau tilang, karena kendaraan saya juga dua tak pastinya tidak lulus uji emisi, saya takut aja sih," kata Angga di lokasi.

Menanggapi banyaknya kendaraan yang putar balik hingga lawan arah, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto mengatakan bahwa banyak ditemukan kendaraan yang memutar balik saat digelar operasi tersebut.

“Tadi kami menemukan ada beberapa pengendara (putar balik) karena dia sadar tidak pakai helm. Namun tetap kita lakukan upaya preventif dengan memberikan helm dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas," katanya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)