alexa snippet

Harumkan Real Madrid, Cristiano Ronaldo Jadi Top Skorer Kompetisi Elite Eropa

Harumkan Real Madrid, Cristiano Ronaldo Jadi Top Skorer Kompetisi Elite Eropa
Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Real Madrid menggasak Celta de Vigo 4-1. Foto/Istimewa
A+ A-
MADRID - Cristiano Ronaldo hampir tidak mungkin merebut Sepatu Emas pada musim ini. Meski demikian, gelandang serang Real Madrid itu bisa tetap bangga karena namanya kini tercantum dalam sejarah.

Produktivitas Ronaldo sejauh ini, khususnya di La Liga masih kalah dari Lionel Messi. Bomber Barcelona itu saat ini sudah meraup 35 gol. CR7, meski dua kali membobol gawang Celta de Vigo yang membuat Real Madrid menang 4-1, dia baru mencetak 24 gol.

Ya, torehan Ronaldo tertinggal 11 gol dari Messi. Mengingat hanya ada satu partai La Liga lagi, mustahil bagi mantan bintang Manchester United itu memangkas defisit. Bahkan, ada kemungkinan dia juga akan gagal mendulang sedikitnya 50 gol dalam satu musim.

Ronaldo baru mencetak 39 gol dari total 44 laga. Sedangkan jadwal tersisa tinggal dua. Selain duel penutup La Liga kontra Malaga, Real Madrid masih akan jumpa Juventus di final Liga Champions. Padahal, sejak 2010/2011 ikon asal Portugal itu bisa mendulang minimal 50 gol. 

Tapi, itu tidak mencegah Ronaldo untuk mengukir sejarah. Berkat dua golnya saat melawan Celta de Vigo, Ronaldo kini jadi pemain tersubur di kompetisi elite Eropa. Dia sekarang sudah mengumpulkan hingga 367 gol.

Jumlah gol itu gabungan selama membela Manchester United (Liga Primer) dan Real Madrid (La Liga). Ronaldo mencetak 84 gol saat masih di Old Trafford. Lalu, di Santiago Bernabeu menghasilkan 283 gol.

Itu sudah cukup bagi Ronaldo melewati torehan Jimmy Greaves (Chelsea, AC Milan, Tottenham Hotspur dan West Ham United) dengan 366 gol. Tapi, Greaves melakukannya dari 528  laga selama 16 musim (1957-1971). Sedangkan Ronaldo hanya perlu 460 laga dengan durasi 14 musim (2003-2017).

Daftar lima besar top skor kompetisi elite Eropa
1. Cristiano Ronaldo (367 gol) *
2. Jimmy Greaves (366 gol)
3. Gerd Muller (365 gol)
4. Lionel Messi (346 gol) *
5. Steve Bloomer (317 gol)
Keterangan: * Masih aktif bermain.



(mir)
loading gif
Top