alexa snippet

Liga Inggris 2016/2017

Mourinho Beberkan Alasan Pogba Tak Bersinar di MU 2016/2017

Mourinho Beberkan Alasan Pogba Tak Bersinar di MU 2016/2017
Jose Mourinho dengan Paul Pogba pada laga Manchester United di babak keempat Piala Liga Inggris 2016/2017. (Foto/mirror.co.uk)
A+ A-
MANCHESTER - Jelang menjamu Crystal Palace pada pekan pengujung Liga Primer Inggris (EPL) 2016/2017, Minggu (21/5) malam WIB. Manchester United (MU) bakal menjalaninya tanpa beban. Pasalnya, mereka sudah tidak punya kepentingan apa-apa lagi di klasemen akhir.

Apapun hasilnya nanti, MU akan tetap berada di peringkat enam. Meski finis di luar zona Eropa, saat ini mereka masih bisa tampil di Liga Europa 2017/2018, mulai dari babak kualifikasi ketiga. Itu berkat trofi Piala Liga Inggris yang diraih Wayne Rooney dan kawan-kawan usai membekuk Southampton 3-2 dalam final di Stadion Wembley, London, 26 Februari silam.

Berkaca pada hasil musim 2016/2017, meski sejauh ini telah meraih trofi Piala Liga Inggris buat tampil lagi di Liga Europa. Kemudian berpeluang lolos ke Liga Champions jika mengalahkan Ajax Amsterdam di final Liga Europa, Rabu (24/5) nanti.

Ada ganjalan yang terus menerus didengungkan oleh publik kepada skuat polesan Jose Mourinho. Ya, banyak yang mengatakan kalau salah satu penyebab kurang moncernya MU 2016/2017, diakibatkan kurang bersinarnya Paul Pogba, pemain dengan nilai transfer termahal sedunia (89,3 juta Poundsterling).

Meski tidak menampik, namun Mourinho mengatakan kepada Omnisport, bahwa dia yakin rekor transfer termahal sedunia telah membebani Paul Pogba pada musim pertama kembalinya bersama Setan Merah dari Juventus.

Pelatih asal Portugal itu lantas berharap agar klub (MU) segera memecahkan rekor transfer termahal sedunia atas nama Pogba. Tujuannya demi mengambil tekanan serta beban yang ada di puncak pemain internasional Prancis tersebut.

“Saya pikir masalahnya adalah label harga di pundaknya. Saya harap musim panas nanti dia bukan lagi sebagai pemain dengan nilai transfer termahal sedunia, dan kemudian tekanannya akan beralih ke pemain lain,” sembur Mourinho seperti dilaporkan ESPN.

“Jika biaya transfernya setengah dari itu, semua orang akan bertanya ‘pembelian apa’, karena semestinya ia bisa bermain lebih baik. Tapi semua orang mengharapkan pertunjukan sesuai dengan biaya transfer yang mahal itu, dan itu membawa beban, serta terkadang membawa analisa yang tidak adil,” imbuhnya.

Lebih jauh Mourinho membela Pogba: “Dia menjalani pertandingan yang sangat bagus, penampilannya juga oke, dia selalu berkorban buat tim. Dia hanya melakoni sedikit laga di mana kinerjanya tidak begitu bagus, tapi biasanya itu terkait dengan keseluruhan penampilan tim.”

“Jadi saat tim sangat bagus, dia sangat baik. Bila tim tidak tampil oke, dia juga begitu baik. Jadi saya pikir ini agak tidak adil. Saya harap musim depan beberapa klub mengalahkan rekor itu dengan pemain lain, dan kemudian tekanan berlanjut di tempat lain,” kata Mourinho lagi.

Pelatih 54 tahun itu kemudian bilang, ia tetap yakin Pogba akan memenuhi potensinya. “Dia harus  berkembang, tentu saja dia harus berkembang. Dia memiliki fisik, dia punya otak, dia sangat terampil, dia juga sangat lincah untuk tubuh besar yang dimilikinya.”

“Dia bagus di udara saat bertahan maupun menyerang. Dia punya tendangan bebas yang sangat bagus. Jadi jika Zlatan (Ibrahimovic) memberinya izin untuk mengambil lebih banyak, dia akan mencetak beberapa gol. Saya pikir dia memiliki segalanya,” tutup Mourinho.



(sbn)
loading gif
Top