Santri Dukung Ganjar Latih Emak-emak Bikin Pupuk Organik di Bogor

Kamis, 21 September 2023 - 12:30 WIB
loading...
Santri Dukung Ganjar Latih Emak-emak Bikin Pupuk Organik di Bogor
Santri Dukung Ganjar menggelar pelatihan membuat pupuk organik dari sampah rumah tangga bareng masyarakat yang berada di Desa Cihowe Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BOGOR - Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar pelatihan membuat pupuk organik dari sampah rumah tangga bareng masyarakat yang berada di Desa Cihowe Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Koordinator Wilayah SDG Jabodetabek, Farhan Ikhsan mengatakan kegiatan tersebut dinilai bermanfaat karena bisa mengetahui cara membuat pupuk organik.

"Kami mendorong masyarakat bagaimana caranya sampah rumah tangga bisa menjadi nilai manfaat," kata Farhan dalam keterangannya, Kamis (21/9/2023).



Dia mengatakan kegiatan tersebut mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat sekitar terutama ibu-ibu. Hampir semua perserta yang hadir mayoritas emak-emak.

Menurut dia para emak-emak mengikuti pelatihan ini lantaran mereka ingin mengetahui bagaimana proses sampah menjadi pupuk. Farhan menjelaskan pembuatan pupuk organik dari sampah rumah tangga terbilang sangat murah dan mudah.



Hanya menggunakan sayuran, gula merah dan cairan membuat pupuk. Semua bahan tersebut kemudian dicampur dan disimpan di tempat suhu dingin selama 20 hari sampai cairannya tidak mengeluarkan aroma busuk.

"Disimpan saja selama beberapa hari hasilnya nanti sampah rumah tangga itu akan menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat dan bernilai," paparnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)