United Lolos Liga Champions Kabar Buruk buat Tottenham

Kamis, 25 Mei 2017 - 08:02 WIB
United Lolos Liga Champions Kabar Buruk buat Tottenham
United Lolos Liga Champions Kabar Buruk buat Tottenham
A A A
SOLNA - Manchester United memastikan tiket Liga Champions 2017/2018 seusai memenangi Liga Europa 2016/2017. Ini kabar baik bagi Inggris yang akan mengutus lima wakil Liga Primer di kompetisi elite Eropa tersebut, namun kabar buruk bagi Tottenham Hotspur.

Berdasarkan regulasi UEFA, juara Liga Europa hanya mendapat tiket fase play-off. Namun, karena juara Liga Champions musim ini (yang akan diperebutkan Real Madrid dan Juventus), sudah memastikan tiket grup sebagai juara liga masing-masing, maka United langsung lolos ke fase grup.

Celakanya, pada undian pembagian grup nanti, United akan masuk ke Pot 2 karena memiliki koefisien 93.315 yang lebih besar ketimbang Tottenham Hotspur, dengan demikian Spurs akan terlempat ke Pot 3 dengan koefisien 77.135, bersama dengan Anderlecht, Basel, dan Liverpool (jika lolos babak play-off).

Berada di Pot 3 berarti membuka peluang terjebak di grup neraka pada penyisihan grup. Jika Spurs ada di pot dua, peluang mereka terjebak di grup neraka akan kecil karena pot tersebut diisi Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, Sevilla, FC Porto. (Baca Juga: Finis Runner-up, Barcelona Berpotensi di Grup Neraka Liga Champions 2017/2018).

Dengan lolosnya MU ke Liga Champions, maka jatah Liga Europa hanya diwakili dua klub, yakni Arsenal yang langsung ke fase grup dan Everton yang harus mengikuti kualifikasi ketiga yang mulai digelar akhir Juli. Di Liga Champions musim 2017/2108, Inggris diwakili lima klub, yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, dan MU.

Di Liga Champions, Real Madrid menjadi tim unggulan di Pot 1 bersama juara liga lainnya seperti Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Chelsea, AS Monaco, Spartak Moscow, dan Shakhtar Donetsk. Sedangkan Pot 2 sampai 4 disi klub berdasarkan koefisien klub UEFA di lima tahun terakhir. Undian grup dilaksanakan 24 Agustus.

Pot Undian Liga Champions 2017/2108

Unggulan (terkonfimasi): Real Madrid, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Chelsea, Shakhtar Donetsk, Monaco, Spartak Moscow

Pot 2 (sementara): Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, Sevilla*, Man City, FC Porto, Man United

Pot 3 (sementara): Napoli*, Tottenham, FC Basel, Dynamo Kiev*, Ajax*, Olympiakos*, Anderlecht, Liverpool*

Pot 4: Semua klub lolos kualifikasi, termasuk AS Roma*, RB Leipzig, Celtic*, Nice*, danFeyenoord

Ket: Tanda * jika lolos dari babak kualifikasi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2994 seconds (0.1#10.140)