Jangan Takut Menikah! Ini Janji Allah dalam Al-Qur'an

Sabtu, 23 September 2023 - 00:03 WIB
loading...
Jangan Takut Menikah! Ini Janji Allah dalam Al-Quran
Bagi yang belum menikah atau punya keinginan untuk menikah, ada baiknya menyimak firman Allah dalam Surat An-Nur Ayat 32. Foto/ist
A A A
Menikah adalah Sunnah Nabi dan barangsiapa yang membenci sunnah beliau maka dia tidak termasuk golongan umat Nabi ﷺ. Demikian pesan Rasulullah dalam satu Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

Bagi yang belum menikah atau punya keinginan untuk menikah, ada baiknya menyimak firman Allah berikut. Allah menjanjikan kecukupan rezeki bagi mereka yang menikah.

Berikut Janji Allah diabadikan dalam Al-Qur'an :

وَاَنۡكِحُوا الۡاَيَامٰى مِنۡكُمۡ وَالصّٰلِحِيۡنَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَاِمَآٮِٕكُمۡ‌ ؕ اِنۡ يَّكُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ اللّٰهُ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

Artinya: "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (QS An Nur Ayat 32)

Syaikh Mukhtar as-Sinqithi dalam Kitab Adhwaul Bayan (6/243) menjelaskan, orang yang menikah yang dijanjikan oleh Allah Ta'ala akan diberikan kecukupan adalah yang dengan pernikahannya dia bertujuan untuk membantu ketaatan kepada Allah.

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata, Allah menganjurkan pernikahan dan menyuruh manusia supaya mengawinkan orang-orang yang merdeka dan hamba sahaya. Dan Allah menjanjikan akan memberikan kecukupan kepada orang-orang yang telah berkeluarga itu kekayaan.

Dalam Hadis dari Abu Hurairah Rasulullah ﷺ bersabda: "Ada tiga macam orang yang Allah berkewajiban menolongnya: (1) Orang yang menikah dengan maksud memelihara kesucian dirinya, (2) Hamba sahaya yang berusaha memerdekakan dirinya dengan membayar tebusan kepada tuannya, dan (3) Orang yang berperang di jalan Allah." (HR Ahmad)

Baca Juga: Keutamaan Menikah dan 4 Kriteria Memilih Perempuan
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)