Konser SMTOWN Live 2023 Digelar Hari Ini, Nakes Sarankan Pakai Earplug

Sabtu, 23 September 2023 - 12:00 WIB
loading...
Konser SMTOWN Live 2023 Digelar Hari Ini, Nakes Sarankan Pakai Earplug
Konser SMTOWN Live 2023 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Konser ini akan menampilkan sederet artis-artis dari agensi SM Entertainment. Foto/Smtownjakarta.com
A A A
JAKARTA - Konser SMTOWN Live 2023 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta hari ini, Sabtu (23/9/2023). Konser ini akan menampilkan sederet artis-artis dari agensi SM Entertainment.

Mulai dari TVXQ, Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT Dream, WayV, hingga Aespa akan tampil dalam konser SMTOWN Live 2023 . Namun, tenaga kesehatan (nakes) mengingatkan soal risiko pendengaran ketika menonton konser.

Menurut Rizal Do, selaku Perawat sekaligus Healthy Lifestyle Educator menjelaskan risiko pendengaran dapat terjadi karena adanya paparan bising. Bising merupakan salah satu gangguan yang membuat penderitanya tidak nyaman, sehingga mengganggu pendengaran telinga.

Meskipun pada saat konser tingkat bising terjadi antara 95-110 desibel, dan masih masuk dalam kategori aman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menunjukkan maksimal itu 100 desibel dalam 15 menit. Akan tetapi, konser dilakukan berjam-jam, itulah yang menyebabkan telinga berisiko mengalami masalah pendengaran.



“Terserah, mau bentukannya airpods, wireless headset, dan lain-lain. Pokoknya bisa dipake buat nyumbet telinga,” kata Rizal Do dikutip dalam akun X miliknya @afrkml, Sabtu (23/9/2023).

Sementara itu, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan, lebih dari satu miliar orang dewasa muda dengan rentang usia 12-35 tahun berisiko mengalami gangguan pendengaran permanen. Kondisi ini disebabkan praktik mendengarkan yang tidak aman, yang sesungguhnya dapat dihindari.

Untuk itu, pentingnya menggunakan earplug saat menonton konser juga perlu diperhatikan. Tidak perlu khawatir jika menggunakan earplug suara penyanyi tidak akan terdengar, karena Rizal Do mengatakan hal itu masih aman untuk terdengar atau bahkan membuat lebih nyaman ketika menggunakannya.

“Masih bisa kedengeran kok, banget! Malah lebih nyaman. Karena kalau nggak pake earplug suara nusuk banget di kuping dan sakit, beberapa temenku malah ngeluh telinganya bunyi nging nging sepulang konser dan sakit,” jelas Rizal Do.



Tidak lupa Rizal Do pun menyarankan agar kegiatan menggunakan earplug saat menonton konser tidak dilupakan. Karena sangat membantu untuk melindungi telinga dari paparan bising.

"Lah konser durasinya 4 jam guys, ya kalau mau hearing loss dini sih silakan," pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)