Mantan Direktur Wasit FIFA Beri Pencerahan Pembenahan Perwasitan

Selasa, 30 Mei 2017 - 01:01 WIB
Mantan Direktur Wasit FIFA Beri Pencerahan Pembenahan Perwasitan
Mantan Direktur Wasit FIFA Beri Pencerahan Pembenahan Perwasitan
A A A
JAKARTA - Manajemen PSM Makassar mengapresiasi program PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1, yang menyelenggarakan Referee Development Discussion di Park Lane Hotel, Jakarta, Minggu (28/5/2017),

Diskusi membahas kinerja wasit yang memimpin di laga Liga 1 mendapat sorotan dari seluruh klub peserta kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Mereka berupaya mencari jalan keluar dengan mengundang perwakilan klub agar persoalan terkait kinerja wasit dilapangan tidak selalu menuai protes dan kritikan tajam.

PSM Makassar yang diwakili oleh Media Officer PSM, A. Widya Syadzwina dan Wakil Ketua Panpel, Yahya Sirajuddin menghadiri acara tersebut. Hadir sebagai pembicara mantan Direktur Wasit FIFA dan AFC George Cumming.

Widya Syadzwina mengatakan, pertemuan membahas persoalan perwasitan di Indonesia ini sangat bagus. Apalagi forum yang dibuat dalam bentuk diskusi sehingga klub-klub yang hadir dapat menanyakan langsung terkait kinerja wasit dan ikut memberikan masukan agar wasit di Indonesia bisa bekerja lebih baik.

"Diskusi terkait pengembangan wasit sangat bagus. Apalagi PSSI mengundang mantan Direktur Wasit FIFA sebagai narasumber. Tentu ini progres yang cukup baik dari federasi menyikapi permasalahan wasit di Indonesia" ujar Wina sapaannya.

George Cumming mengemukakan bahwa pengembangan wasit hanya bagian kecil dari pengembangan sepak bola. Namun memberi pengaruh yang cukup besar terhadap pengembangan sepak bola itu sendiri.

"Seperti halnya di tim sepak bola yang memiliki pelatih, wasit juga harus punya pelatih. Wasit Indonesia pun harus punya pelatih" ucap George.

Selain itu, wasit wajib mengetahui segala yang ada didalam Laws of the Game sehingga didalam memimpin pertandingan tidak seringkali berbuat kesalahan. "Wasit harus paham Laws of the Game dengan benar" ucapnya lagi.

Diskusi berjalan dengan suasana yang hangat dan permasalahan terkait wasit mulai menemukan jalan keluar. George Cumming mencoba menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kompetensi wasit di Indonesia dibutuhkan 3 hal, yaitu : assessment system, education program, dan communication system.

Tetapi untuk membantu menjaga dan meningkatkan integritas wasit seharusnya juga menjadi tugas klub. Acara diskusi dibuka dan ditutup oleh Sekjen PSSI, Joko Driyono. Joko menyampaikan bahwa tugas seorang assessor membantu meningkatkan kompetensi wasit.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8408 seconds (0.1#10.140)