10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Minggu, 24 September 2023 - 22:22 WIB
loading...
10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam
Azerbaijan memiliki banyak keunikan dan hal menarik. Foto/Travel Freak
A A A
BAKU - Secara historis disebut sebagai Negeri Api, Azerbaijan adalah negara yang penuh kontras: di sinilah kota-kota berteknologi tinggi bertemu dengan desa-desa kuno, pengaruh Eropa berpadu dengan cita rasa Asia Barat, dan di mana bentang alamnya sama dramatisnya (Pegunungan Kaukasus) dan tenang (danau yang halus dan berkilau).

Azerbaijan adalah tujuan wisata yang terpencil. Meskipun dikelilingi oleh negara-negara seperti Georgia dan Rusia, Azerbaijan tidak menerima banyak kunjungan wisata.

Berikut adalah 10 fakta menarik yang patut Anda ketahui.

1. Baku berada 28 Meter Di Bawah Permukaan Laut

10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Foto/Travel Freak

Melansir Travel Freak, Ibu kota Baku dulunya merupakan kota sibuk di Jalur Sutra. Menjelajahi Baku dengan berjalan kaki adalah cara terbaik untuk melakukannya: Anda bisa berjalan di kawasan pejalan kaki di sepanjang Laut Kaspia—tetapi sebenarnya Anda berada 28 meter di bawah permukaan laut. Hal ini menjadikannya ibu kota negara yang letaknya paling rendah di dunia.

Ada juga area di Baku yang dikenal sebagai Little Venice di mana terdapat jalur air buatan yang menghubungkan toko, restoran, dan tempat lainnya. Anda dapat naik gondola untuk mencapai semuanya!


2. Pancake adalah Hidangan Nasional Azerbaijan

Hampir setiap restoran di Azerbaijan memiliki kutabi (panekuk isi dan gurih) di menunya. Biasanya diisi dengan daging, sayuran, labu, dan rempah-rempah. Mereka dipanggang di atas wajan dan rasanya benar-benar nikmat.

Selain itu, jika Anda berada di wilayah utara negara ini, pastikan untuk mencoba sup pangsit yang dikenal sebagai dushbara. Camilan lezat lainnya adalah tandir, roti tradisional Azerbaijan.

Fakta menarik lainnya: masyarakat Azerbaijan juga meminum teh yang dimaniskan dengan selai, bukan gula. Orang Azerbaijan suka minum apa pun yang manis-manis. Ditambah lagi, orang Azerbaijan bisa membuat selai dari apa saja, termasuk kelopak mawar dan semangka.

3. Azerbaijan Memiliki Hampir 400 Gunung Lumpur

10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Foto/Travel Freak

Azerbaijan mempunyai konsentrasi gunung lumpur terbesar di dunia: totalnya hampir 400, dan sebagian besar terletak di dekat Baku. Mereka membuat perjalanan sehari menjadi mudah jika Anda memiliki waktu terbatas. Jika Anda melihat peta Azerbaijan, daerah yang dikenal sebagai Gobustan adalah tempat terbaik untuk dikunjungi.

Gunung lumpur tidak menutupi banyak permukaan tanah (biasanya diameternya tidak lebih dari 10 kilometer), namun melihat penampakannya yang panas, menggelegak, dan berantakan merupakan salah satu pengalaman paling menarik di negara ini.

4. Azerbaijan Memiliki Api yang Tak Pernah Padam

Azerbaijan tidak mendapat julukan “Negeri Api” karena gunung lumpur tidak memuntahkan api.

Nama negara ini sebenarnya berasal dari pembakaran lereng bukit yang disebabkan oleh gas yang merembes ke dalam bumi, seperti Yanar Dag, yang terus terbakar selama lebih dari 4.000 tahun di Semenanjung Absheron. Itu waktu yang lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)