Diyakini Punya Khasiat, Pasir Pantai Kejawanan Cirebon Diteliti

Selasa, 26 September 2023 - 09:56 WIB
loading...
Diyakini Punya Khasiat, Pasir Pantai Kejawanan Cirebon Diteliti
Potret keindahan Pantai Kejawanan di Cirebon. Foto/Istimewa/Pantainesia
A A A
BANDUNG - Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) berinisiasi melakukan penelitian terhadap pasir di Pantai Kejawanan Cirebon, merespon banyaknya anggapan masyarakat, pasir di pantai tersebut mampu menyembuhkan penyakit.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nasional Sarwono selaku pengelola pantai Kejawanan menuturkan, masyarakat banyak meyakini bahwa lumpur pasir di Kejawanan dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti rematik, asam urat, penyakit kulit, diabetes melitus, hingga stroke.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang berendam di lumpur pasir tersebut dengan harapan bisa menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Pengakuan akan khasiat dan terapi pasir ini sayangnya belum dibuktikan secara ilmiah dan hanya berupa mitos berdasarkan keyakinan masyarakat.



Karena itu, tim mahasiswa Universitas Padjadjaran dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Keperawatan mencoba melakukan riset untuk mengetahui sejauh mana khasiat lumpur pasir di pantai Kejawanan.

Tim riset tersebut bernama “Seraphy” beranggotakan Hadi Firdaus (Ilmu Kelautan), Nabyla Nur’aeni (Keperawatan), Andriano Sembiring (Ilmu Kelautan), Mala Dewi Sopa (Ilmu Kelautan), dan Annisa Zahra (Ilmu Kelautan) di bawah bimbingan dosen FPIK Dr. rer. nat.

Santi Rukminita Anggraeni, M.Si. Tim ini berhasil mendapatkan pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Kemendikbudristek 2023.

Tim melakukan kajian oseanologi dan kesehatan terhadap pasir di pantai Kejawanan pada 29 Juli – 3 Agustus 2023 lalu. Tim melakukan pengumpulan data meliputi data oseanologi dan kesehatan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2844 seconds (0.1#10.140)