Rusia Diduga Bersiap Uji Rudal Nuklir SSC-X-9 Skyfall

Selasa, 03 Oktober 2023 - 07:49 WIB
loading...
Rusia Diduga Bersiap Uji Rudal Nuklir SSC-X-9 Skyfall
Rusia diduga sedang bersiap untuk menguji coba rudal bertenaga nuklir Burevestnik atau SSC-X-9 Skyfall. Foto/New York Times
A A A
MOSKOW - Citra satelit dan data penerbangan menunjukkan bahwa Rusia diduga sedang bersiap untuk menguji coba rudal jelajah bertenaga nuklir —atau mungkin baru saja mengujinya—dengan jangkauan teoritis ribuan mil.

Pergerakan pesawat dan kendaraan di dan dekat pangkalan di wilayah Arktik Rusia konsisten dengan persiapan yang dilakukan untuk uji coba rudal yang dikenal sebagai Burevestnik atau SSC-X-9 Skyfall pada tahun 2017 dan 2018.

Pesawat pengintai Amerika Serikat (AS) juga telah terlacak di dekat wilayah tersebut selama dua minggu terakhir, dan peringatan penerbangan telah memperingatkan pilot untuk menghindari wilayah udara terdekat.

Rusia sebelumnya melakukan 13 uji coba rudal SSC-X-9 Skyfall antara tahun 2017 hingga 2019, yang semuanya tidak berhasil, menurut laporan dari Nuclear Threat Initiative—sebuah kelompok nirlaba yang berfokus pada pengendalian senjata.



Sebuah uji coba pada 2019 yang gagal berakibat fatal, di mana misil yang jatuh ke laut meledak selama upaya pengambilan dan menewaskan tujuh orang.

“Ini eksotik—berbahaya dalam tahap pengujian dan pengembangannya,” kata Daryl G. Kimball, direktur eksekutif Arms Control Association, yang dilansir New York Times, Selasa (3/10/2023).

Apakah Burevestnik telah diuji lagi sejak tahun 2019 masih belum jelas. "Tetapi bahkan jika peluncurannya berhasil, rudal tersebut masih memerlukan waktu bertahun-tahun untuk disebarkan secara operasional," kata Kimball.

Dalam pengujian sebelumnya, rudal tersebut gagal terbang mendekati jangkauan yang dirancang, diperkirakan sekitar 14.000 mil. Para pejabat AS menilai bahwa selama uji terbang paling sukses, yang hanya berlangsung lebih dari dua menit, rudal tersebut terbang sejauh 22 mil sebelum jatuh ke laut.

Dalam uji coba lainnya, reaktor nuklir rudal tersebut gagal aktif sehingga menyebabkan rudal tersebut jatuh hanya beberapa mil dari lokasi peluncuran. Agar uji coba berhasil, reaktor nuklir rudal perlu diluncurkan dalam penerbangan, sehingga rudal dapat menjangkau lebih banyak wilayah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)