Profil Vahagn Khachaturyan, Presiden Armenia yang Berkonflik dengan Azerbaijan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 13:37 WIB
loading...
Profil Vahagn Khachaturyan, Presiden Armenia yang Berkonflik dengan Azerbaijan
Presiden Armenia Vahagn Khachaturyan. Foto/president.am
A A A
YEREVAN - Vahagn Khachaturyan merupakan presiden Armenia yang terpilih pada bulan Maret 2022. Ia terpilih menjadi presiden setelah pengunduran diri presiden sebelumnya, Armen Sarkissian, pada bulan Januari 2022.

Sebagai pemimpin negara, ia selalu aktif dalam politik dunia Internasional. Terutama ketika negaranya mengalami konflik berkepanjangan dengan Azerbaijan mengenai masalah penduduk dan wilayahnya.

Dari setiap permasalahan yang terjadi, Vahagn tergolong sebagai pemimpin yang cinta perdamaian. Ia lebih mementingkan keselamatan rakyatnya dibandingkan dengan kemenangan perang.

Profil Presiden Vahagn Khachaturyan


Presiden Armenia yang satu ini diketahui memiliki nama lengkap Vahagn Garniki Khachaturyan. Dalam riwayatnya, pria yang sudah berumur 64 tahun ini lahir pada tanggal 22 April 1959, di Sisian Armenia.

Vahagn memiliki riwayat pendidikan tinggi yang cukup panjang. Pada tahun 1976, ia lulus Sekolah Menengah Yerevan Nomor 118 dengan nilai yang memuaskan.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Institut Ekonomi Nasional Yerevan dan memperoleh gelar ekonom.

Usai tamat dari perguruan tinggi, dari tahun 1980 hingga 1982, ia ditugaskan di Angkatan Bersenjata Soviet.
Kemudian pada tahun 1982 ia melanjutkan bekerja di asosiasi produksi “Hrazdanmash”sebagai ekonom. Dalam kantornya ia menjabat sebagai Kepala Laboratorium Penelitian Ekonomi.

Pada tahun 1989-1992, ia bekerja di Pabrik “Mars” dengan jabatan pertama sebagai Kepala Departemen dan dilanjutkan sebagai Wakil Direktur Umum.

Di tengah kesibukan kariernya, ia selalu menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan sosial dan politik di gerakan Karabakh.

Dengan berlandaskan pengalaman dan niat baik untuk mengangkat kaum lemah, pada 1990-1995 ia terpilih sebagai Dewan Kota Yerevan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)