5 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma, Penting untuk Kesuburan

Minggu, 08 Oktober 2023 - 07:33 WIB
loading...
5 Cara Meningkatkan Jumlah Sperma, Penting untuk Kesuburan
Cara meningkatkan sperma menjadi penting untuk kesuburan, mengacu pada jumlah rata-rata sperma yang ada dalam satu sampel air mani. Foto/medicalnewtoday.
A A A
JAKARTA – Cara meningkatkan sperma menjadi penting untuk kesuburan, di mana jumlah sperma mengacu pada jumlah rata-rata sperma yang ada dalam satu sampel air mani.

Berdasarkan pedoman terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), para ahli memperkirakan jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau setidaknya 39 juta per ejakulasi.

Dokter menganggap jumlah sperma di bawah 15 juta per ml adalah jumlah yang rendah dan dapat menyebabkan masalah kesuburan.



Secara keseluruhan, para ahli kesehatan percaya bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kadar testosteron memiliki dampak paling signifikan terhadap jumlah dan kualitas sperma.

Kondisi medis tertentu termasuk kelainan genetik bawaan, infeksi, dan tumor juga dapat memengaruhi jumlah sperma.

Namun, beberapa pilihan gaya hidup dan pengobatan alami dapat membantu mendukung hormon yang mengontrol produksi sperma , dapat membantu perkembangan kesehatan sperma dan meningkatkan jumlah sperma.

Dikutip dari Medical News Today pada Minggu (8/10/2023), berikut ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan jumlah sperma.

Cara Meningkatkan Sperma

1. Olahraga dan Tidur yang Cukup

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan dan olahraga pada orang dengan obesitas dapat meningkatkan jumlah sperma . Namun, ilmu pengetahuan yang menghubungkan antara indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dengan jumlah sperma yang sehat masih lemah.

Sebuah studi tahun 2017 meneliti manfaat melakukan program latihan aerobik selama 16 minggu dengan setidaknya tiga sesi 50 menit per minggu. Para peserta mencapai 50–65% dari detak jantung mereka.

Dalam studi tersebut, olahraga teratur meningkatkan jumlah dan motilitas sperma pada 45 pria yang mengalami obesitas dan gaya hidup kurang gerak.

2. Berhenti Merokok

Sebuah meta-analisis tahun 2016 yang meninjau hasil lebih dari 20 penelitian dengan total hampir 6.000 peserta menemukan bahwa merokok secara konsisten mengurangi jumlah sperma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)