Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Jurusan Kuliah Akuntansi dan Manajemen

Selasa, 10 Oktober 2023 - 09:52 WIB
loading...
Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Jurusan Kuliah Akuntansi dan Manajemen
Meski jurusan akuntansi dan manajemen memiliki banyak perbedaan, namun keduanya lazim masuk di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan jurusan kuliah akuntansi dan manajemen.Bagi kamu lulusan SMA yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi khususnya di program studi manajemen dan akuntansi, sepertinya perlu memahami perbedaan keduanya.

Meski sama-sama masuk rumpun Soshum, jurusan manajemen dan akuntansi memiliki banyak perbedaan yang perlu diketahui. Biar tidak rancu dan bisa mempermudah kamu menentukan pilihan jurusan nantinya, artikel kali ini akan membahas perbadaan antara jurusan akuntansi dan manajemen

Perbedaan Jurusan Akuntansi dan Manajemen


Dari Tujuan Ilmu


1. Akuntansi adalah proses mencatat, menggolongkan, meringkas, dan menyajikan laporan keuangan dalam periode tertentu.

2. Berbeda dengan manajemen yang merupakan ilmu untuk menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan.

3. Akuntansi bertujuan untuk membuat laporan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan pengambilan keputusan ke depannya.

4. Sementara itu, manajemen merupakan metode untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang seminim mungkin.

Bidang yang Dipelajari


1. Akuntansi terbagi ke dalam 5 bidang, yaitu akuntansi keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi, perpajakan, dan audit.

2. Sementara itu, manajemen terbagi ke dalam 4 bidang yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajer operasional.


Profesi Lulusannya


1. Lulusan akuntansi dapat menjadi akuntan, auditor, atau credit analyst.

2. Sementara lulusan Manajemen dapat menjadi manajer operasional, konsultan manajemen, marketer atau HRD.

Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Akuntansi


Mahasiswa jurusan Akuntansi akan mempelajari berbagai bidang studi yang memiliki keterkaitan erat dengan akuntansi serta semua praktik akuntan.

Bidang studi tersebut masih terurai menjadi beberapa jenis mata kuliah, yaitu akuntansi keuangan, audit dan perpajakan, laporan keuangan, akuntansi biaya dan ilmu terapan akuntansi yang digunakan pada perusahaan ataupun yayasan.

Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Manajemen


Pada dasarnya, mahasiswa prodi Manajemen akan belajar mata kuliah yang mencakup detail tentang tata kelola perusahaan dalam mencapai tujuan yaitu meraih keuntungan.

Mata kuliah di bidang manajemen meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional dan juga manajemen sumber daya manusia. Namun, masih ada beberapa mata kuliah yang terkait dengan akuntansi, seperti akuntansi keuangan dasar dan akuntansi manajemen.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)