Wasit Asing Akan Pimpin Pertandingan di Putaran Kedua Liga 1

Rabu, 19 Juli 2017 - 15:13 WIB
Wasit Asing Akan Pimpin Pertandingan di Putaran Kedua Liga 1
Wasit Asing Akan Pimpin Pertandingan di Putaran Kedua Liga 1
A A A
JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2017 bakal menerapkan terobosan baru di putaran kedua kompetisi. Sesuai hasil rapat dengan PSSI, muncul rencana untuk mempekerjakan wasit asing yang sudah mengantongi lisesnsi FIFA.

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja perangkat pertandingan yang terus mendapat kritik dari masyarakat. PSSI berharap adanya wasit berlisensi FIFA bisa memperbaiki kualitas pertandingan di Liga 1 sebagai kompetisi level tertinggi di Indonesia.

"Kami sudah berkomunikasi dengan PSSI dan Ketua Umum sangat menyetujui rencana itu. Sedikitnya ada delapan perangkat pertandingan yang kena evaluasi termasuk asisten wasit," ucap Berlington Siahaan, Direktur Utama PT LIB.

Melalui surat PT. LIB nomor 186_LIB_VII_2017 tanggal 18 Juli 2017, PT LIB telah mengajukan permohonan mendatangkan wasit FIFA kepada PSSI sebagai langkah cepat bagian dari program pembinaan dan peningkatan kualitas wasit. Nantinya tidak semua pertandingan akan dipimpin oleh wasit berlisensi FIFA. Keberadaan wasit asing hanya sekitar 50% dan pemilihannya bakal dilakukan oleh sistem tersendiri.

"Di tiap matchweek, 50% kita menggunakan wasit asing. Bukan kita yang menentukan. Ada parameternya dari nama yang keluar nanti. Beberapa pertandingan dengan tensi tinggi kemungkinan besar dipimpin oleh wasit asing," ucap CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya.

Keputusan ini merupakan program jangka pendek yang disusun oleh PT LIB dan PSSI. Sementara jangka panjangnya, PSSI akan membenahi kualitas perangkat pertandingan agar memiliki standar yang lebih baik.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5414 seconds (0.1#10.140)