6 Lagu B Side K-Pop yang Lebih Populer Dibanding Title Track-nya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 16:35 WIB
loading...
6 Lagu B Side K-Pop yang Lebih Populer Dibanding Title Track-nya
Lagu Money dari Lisa BLACKPINK adalah lagu B-side yang lebih populer dibanding title track Lalisa. Foto/YG Entertainment
A A A
JAKARTA - Lagu B-side biasanya tak mendapat banyak perhatian dari pendengar K-pop , tapi ada beberapa yang justru lebih ngetop atau disukai dibanding title track atau lagu andalannya.

Arti B-side dalam dunia musik berawal dari dua sisi vinyl atau kaset. Lagu-lagu utama ditempatkan di A-side, sementara lagu yang dianggap tak menonjol oleh produser ditempatkan di sisi kaset sebaliknya alias B-side. Karena itulah, lagu B-side biasanya tidak populer, terutama di kalangan pendengar non-fans.

Istilah ini lantas mulai berubah seiring munculnya platform streaming musik yang membuat lagu didengarkan secara digital, bukan lagi dalam bentuk album fisik. Sementara dalam dunia K-pop, istilah B-side biasanya mengacu pada seluruh lagu selain title track.



Berikut ini enam lagu B-side K-pop yang lebih populer dibanding title track-nya.

1. Darari - TREASURE



Darari adalah lagu B-side dari mini-album The Second Step: Chapter One. Title track dari mini-album ini berjudul Jikjin. Darari terkenal karena dijadikan challenge di TikTok hingga menarik perhatian banyak orang.

Dararilebih banyak didengar dengan jumlah streaming di Spotify hingga 195 juta kali dibandingkan dengan Jikjinyang baru 93 juta kali. Lagu ini pernah menempati posisi 1 di chart Apple Music dan iTunes, lalu posisi 2 di chart radio, dan posisi 42 di YouTube.

2. Polaroid Love - ENHYPEN


Enhypen dikenal memiliki lagu-lagu raja B-sidepopuler, salah satunya adalah Polaroid Love. Lagu ini viral di TikTok pada 2022. Lagunya juga pernah masuk chart dan menempati posisi 1 di Apple Music dan iTunes, posisi 61 di YouTube, dan posisi 51 di radio.

Polaroid Love berasal dari album Dimension: Answer dengan title track berjudul Tamed-Dashed. Jumlah streaming lagu Polaroid Love sangat tinggi dengan jumlah 231 juta kali dibanding Tamed-Dashed yang baru didengar sebanyak 98 juta kali.

3. Money - LISA



Single Money adalah B-side dari single solo debut Lisa yaitu Lalisa. Lagu ini ikut viral di TikTok seiring dengan viralnya serial Squid Game. Money sudah didengarkan sebanyak lebih dari satu miliar kali di Spotify, dibandingkan lagu Lalisayang baru didengar sebanyak 389 juta kali.

Karena antusiasme besar terhadap lagu tersebut, lagu ini pun dibuatkan video versi special performancedan sudah ditonton sebanyak 912 juta kali. Lagu ini juga pernah menempati posisi 10 di Billboard Global 200.

4. Fever - ENHYPEN


Satu lagi B-side terkenal dari ENHYPEN, yaitu Fever. Lagu ini dari mini-album BORDER: CARNIVAL dengan title track berjudul Drunk-Dazed. Lagu ini menempati posisi dua di chart iTunes secara internasional.

Lagu Fever sudah didengar sebanyak 279 juta kali, sedangkan Drunk-Dazed didengar sebanyak 234 juta kali. Jumlah view pada music videonya tidak beda jauh, dengan Fever sebanyak 103 juta dan Drunk-Dazed sebanyak 118 juta.

5. Get Cool - Stray Kids


Grup dari JYP Entertainment ini juga memiliki satu laguB-side yang terkenal daripada title track-nya yaitu Get Cool. Lagu ini diambil dari album I am YOU dengan title trackberjudul sama.

Lagu ini sudah didengar sebanyak 39 juta kali di Spotify, sedangkan dengan jarak yang cukup tipis, title track-nya berjudul I am YOU didengar sebanyak 32 juta kali. Lagu ini pernah menempati posisi 46 di Apple Music dan posisi 48 di iTunes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)