PO Efisiensi Rilis 5 Bus Mewah Khusus Shuttle Bandara YIA-Cilacap, Ini Detailnya!

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:30 WIB
loading...
PO Efisiensi Rilis 5 Bus Mewah Khusus Shuttle Bandara YIA-Cilacap, Ini Detailnya!
PO Efisienasi pamerkan 5 bus mewah untuk shuttle Bandara YIA menuju ke Cilacap. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Bus baru PO Efisiensi yang sebelumnya dijanjikan akhirnya meluncur memakai bodi terbaru dari karoseri Adiputro, Jetbus 5. Bukan hanya satu, tapi perusahaan otobus (PO) asa Kebumen, Jawa Tengah, ini merilis lima armada sekaligus.

Kelima bus tersebut akan digunakan dalam melayani perjalanan untuk dan dari bandara bernama Satelqu. Nantinya, bus akan digunakan untuk menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menuju Yogyakarta hingga Cilacap.

Kabar tersebut diungkapkan melalui unggahan foto dan video dalam akun Instagram @busefisiensi. Kelima bus tersebut juga menggunakan model bodi SHD dengan kaca depan double glass.

Secara tampilan, kelima bus tersebut menggunakan warna hijau tua pada keseluruhan bodinya. Terdapat grafis garis melengkung dengan warna oranye dan kuning yang membuat bus terlihat lebih modern.

Selain itu, terdapat livery bergambar burung yang membedakan dengan bus PO Efisiensi lainnya. Bus juga tampil beda karena tidak ada tulisan Efisiensi yang biasanya menghiasi bodi samping, melainkan bertuliskan SatelQu.

Masuk ke bagian dalam, interior bus ini juga terasa nyaman dengan permainan warna cokelat muda dan cokelat tua yang memberikan kesan hangat. Bus ini juga menggunakan konfigurasi kursi 2-2 yang masing-masing dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Namun, tidak ada soket pengisian daya ponsel seperti pada bus-bus AKAP PO Efisiensi sebagai fasilitas bagi penumpang. Pasalnya, bus ini ditujukan untuk jarak pendek sehingga komponen tersebut tidak dibutuhkan demi menghemat biaya produksi.



Untuk urusan dapur pacu, kelima bus baru PO Efisiensi dengan bodi Jetbus 5 SHD ditopang oleh sasis Hino RM 280 ABS. Sasis ini memang paling banyak digunakan oleh PO bus untuk perjalanan jarak dekat karena ketahanan dan biaya perawatan yang minim.

Melansir laman Hino, untuk sasis RM280 dengan mesin diesel 6 silinder segaris, variable geometric turbocharger, intercooler, common rail, berkapasitas 7.684 cc, dilengkapi dengan tangki bahan bakar sebesar 350 liter. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 280 PS pada 2.500 rpm dan torsi puncak 285 Kgmpada1.500rpm.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)