Format Baru Adu Penalti Mulai Diperkenalkan di Piala Liga Inggris

Selasa, 01 Agustus 2017 - 10:58 WIB
Format Baru Adu Penalti Mulai Diperkenalkan di Piala Liga Inggris
Format Baru Adu Penalti Mulai Diperkenalkan di Piala Liga Inggris
A A A
LONDON - International Football Association Board (IFAB) yang bertugas menyusun aturan dalam sepak bola bermaksud mengubah format adu penalti. Perubahan tersebut akan mulai diperkenalkan di ajang Piala Liga Inggris.

Selama ini adu penalti dilakukan dengan format A-B-A-B. Artinya, penendang dari masing-masing tim akan mengeksekusi penalti secara bergantian; penendang pertama tim A kemudian penendang kedua adalah tim B, begitu seterusnya.

Dalam keterangannya, EFL (English Football League) bermaksud mengubah format adu penalti menjadi A-B-B-A. Menurut mereka, format baru tersebut akan mengurangi tekanan pada tim yang mendapat kesempatan sebagai penendang kedua.

"IFAB telah mengidentifikasi bahwa urutan penendang penalti yang sekarang ini berpotensi memberikan keuntungan pada pengambil sepakan pertama. Kami ingin melihat apakah sistem yang baru punya dampak pada isu paling dibahas dalam sepak bola," kata Chief Executive EFL Shaun Harvey, dikutip Soccerway.

"Kami ingin pertandingan sepak bola dilakukan dengan cara adil dan konsisten. Saya yakin format baru akan memberikan hal menarik pada pertandingan di kompetisi-kompetisi," lanjutnya.

Format baru pada urutan penendang penalti akan diberlakukan di turnamen-turnamen di bawah otoritas EFL. Diantaranya; Piala Liga Inggris, EFL Trophy, dan pertandingan play-off liga mulai dari divisi Championship, League One, dan League Two.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0158 seconds (0.1#10.140)