5 Alasan Negara-Negara Tetangga Palestina Tak Bantu Hamas Melawan Israel

Selasa, 17 Oktober 2023 - 00:37 WIB
loading...
5 Alasan Negara-Negara Tetangga Palestina Tak Bantu Hamas Melawan Israel
Israel bombardir Khan Younis, Gaza, Senin (16/10/2023). Negara-negara tetangga Palestina tak bantu Hamas melawan Israel. Foto/REUTERS/Ahmed Zakot
A A A
JAKARTA - Hamas saat ini sedang perang besar dengan Israel. Itu dimulai setelah kelompok perlawanan Palestina di Gaza tersebut meluncurkan serangan mengejutkan bernama Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel pada 7 Oktober lalu.

Israel merespons dengan mendeklarasikan perang dengan nama Operasi Pedang Besi, di mana jet-jet tempur dan artileri Zionis membombardir Gaza nyaris tanpa henti. Rezim Zionis juga mengepung total daerah kantong Palestina tersebut.

Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas sekitar 1.300 orang, termasuk ratusan tentara. Sedangkan korban tewas di Gaza akibat serangan Israel mencapai lebih dari 2.500 orang.



Palestina memiliki dua tetangga Arab, namun mereka tidak membantu Hamas melawan Israel.

Yordania merupakan tetangga Palestina yang berbatasan langsung dengan Tepi Barat di sebelah timur dan Selatan. Sedangkan Mesir berbatasan dengan Jalur Gaza di sebelah barat.

5 Alasan Negara-Negara Tetangga Palestina Tak Bantu Hamas Melawan Israel


1. Kepentingan Keamanan Sendiri


Negara-negara tetangga Palestina, seperti Mesir dan Yordania, lebih fokus pada menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah mereka sendiri.

Mereka khawatir bahwa dukungan terhadap Hamas atau konflik terbuka dengan Israel dapat mengganggu stabilitas regional dan mengancam keamanan mereka sendiri.


2. Hubungan Diplomatik dengan Israel


Yordania dan Mesir telah memperbaiki hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka kemungkinan memiliki kepentingan untuk mempertahankan hubungan tersebut untuk kepentingan ekonomi dan politik mereka sendiri, yang mungkin bertentangan dengan dukungan terhadap Hamas.

3. Perbedaan Politik dan Ideologis


Yordania dan Mesir tidak selalu setuju dengan ideologi dan pendekatan Hamas dalam konflik Israel-Palestina.

Keduanya lebih mendukung pendekatan diplomatik dan perdamaian, sementara Hamas telah menggunakan taktik perlawanan bersenjata.

4. Tekanan Internasional


Tekanan dari negara-negara Barat dan lembaga-lembaga internasional dapat memengaruhi sikap negara-negara tetangga Palestina.

Mereka kemungkinan menghindari dukungan terbuka terhadap Hamas karena takut akan reaksi internasional dan sanksi ekonomi.

5. Kepentingan Regional


Yordania dan Mesir memiliki persaingan regional dengan Iran, yang telah memberikan dukungan kepada Hamas. Oleh karena itu, mereka kemungkinan tidak ingin mendukung Hamas karena khawatir akan memperkuat pengaruh Iran di kawasan tersebut.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)