Kenapa Pulau-Pulau di Lombok Diawali dengan Nama Gili? Diambil dari Bahasa Sasak

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:01 WIB
loading...
Kenapa Pulau-Pulau di Lombok Diawali dengan Nama Gili? Diambil dari Bahasa Sasak
Keindahan Lombok dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis dan perbukitan dengan pemandangan indah. Foto/ freepik.
A A A
JAKARTA - Keindahan Lombok dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis dan perbukitan dengan pemandangan indah.

Tengok saja tiga pulau besar di sana yang cukup populer, seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Semua tempat ini memiliki awalan gili, kok semua namanya berawalan Gili? Hal ini bukan kebetulan. Tentu ada penjelasannya.


Arti Nama Gili dalam Bahasa Sasak

Masyarakat di Lombok adalah orang-orang suku sasak yang mendiami pulau Lombok sejak dahulu kala, dimana dalam kesehariannya suku ini menggunakan Bahasa Sasak dalam berkomunikasi.

Tak heran apabila beberapa nama destinasi wisata di Lombok seperti tiga Gili ini diambil dari bahasa Sasak, di mana kata Gili sendiri memiliki arti pulau kecil. Identitas dengan nama yang unik dan khas inilah yang menjadi citra tersendiri bagi destinasi wisata di Lombok.

Keunikkan Gili Trawangan

Baik Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air ketiganya memiliki daya tarik masing-masing yang membuat para wisatawan enggan melewatkan satu di antara tiga lainnya.

Di antara 3 Gili, nama Gili Trawangan mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta pejalanan. Keunikkannya dari pulau kecil ini adalah tidak ditemukannya kendaraan yang menghasilkan emisi gas karbon.



Kebanyakkan masyarakat maupun wisatawan menggunakan sepeda, delman atau masyarakat sekitar menyebutnya Cidomo atau berjalan kaki sebagai alat transportasi utama.

Suku Sasak merupakan salah satu dari 1.340 suku yang ada di Indonesia. Keberagaman budaya, bahasa daerah, kuliner, menambahkan keunikkan, keindahan dan kekayaan bangsa Indonesia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2435 seconds (0.1#10.140)