Preview Swansea City vs Manchester United: Membendung Lukaku!

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 09:09 WIB
Preview Swansea City vs Manchester United: Membendung Lukaku!
Preview Swansea City vs Manchester United: Membendung Lukaku!
A A A
SWANSEA - Manchester United (MU) coba memenangkan back-to-back di Liga Primer 2017/2018 saat dijamu Swansea City di Liberty Stadium, Sabtu (19/8/2017). Laga ini menjadi ujian bagi striker Romelu Lukaku yang melakoni enam pertandingan tanpa gol melawan Swansea di semua kompetisi.

Lukaku mencetak dua gol dalam debutnya bersama MU di Liga Primer, sekaligus membawa The Red Devils menang 4-0 atas West ham United di laga pembuka pekan lalu. Namun, mantan striker Everton itu kerap menemui jalan buntu saat bentrok dengan Swansea.

Statistik mencatat pemain kelahiran Antwerp, Belgia, 13 Mei 1993, itu belum sekalipun menjebol gawang Swansea dalam enam laga di semua kompetisi, meskipun musim lalu dia mencetak 25 gol bersama Everton.

Namun, pelatih Jose Mourinho yakin Lukaku akan melaksanakan tugasnya dengan baik. Tak hanya itu, The Special One juga menyebut Lukaku sangat berpengaruh dalam mengangkat performa pemain depan MU lainnya.

Pemain yang diboyong senilai 75 juta pounds (1,2 triliun) itu berdampak positif pada empat pemain laiinnya. Menurut Mourinho, Lukaku tak hanya punya koneksi bagus dengan Marcus Rashford, dia juga sudah 'nyetel' dengan Anthony Martial, Henrikh Mkhitaryan, dan Jesse Lingard.

"Saya merasa Martial dan Romelu (Lukaku) punya koneksi yang baik. Juga Lingard, Mkhitaryan. Saya pikir Romelu pemain yang bagus. Benar, striker dinilai dari jumlah gol. Karena golnya kami membayar begitu besar untuk memilikinya," kata Mourinho. "Tapi striker tidak melulu jumlah gol. Cara dia bermain, solusi yang dia berikan, dan cara dia memberi ruang bagi pemain lain juga menjadi penilaian."

Namun, MU patut waspada menghadapi Swansea yang bermain imbang 0-0 di kandang Southampton pada laga pembuka. Rekor pertemuan mencatat, Swansea hanya kehilangan tiga dari 14 pertandingan kandang mereka melawan United di semua divisi (menang 8, imbang 3), meski The Swans -julukan Swansea- tidak mencatat clean sheet melawan Manchester United dalam 14 pertemuan sejak imbang tanpa gol pada bulan Desember 1982.

Tapi, Mourinho boleh tersenyum lantaran rekornya sebagai pelatih melawan SWansea sangat bagus. Mourinho tidak terkalahkan dalam tujuh pertemuan (menang 5, imbang 2), termasuk memenangi tiga kunjungannya ke Stadion Liberty.

Sementara pelatih kepala Swansea City Paul Clement berharap pemain belakangnya, Federico Fernandez dan Alfie Mawson akan membuat Lukaku tak berdaya di Liberty Stadium. "Lukaku adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dia fokus besar bagi kami saat melawan Everton pada akhir musim lalu," kata Clement.

"Kami membatasi dia pada sedikit peluang saat dia bersama Everton. Dia hanya memiliki beberapa peluang bagus dan salah satunya melebar di sisi jaring."

Perkiraan pemain

Swansea City (4-3-3): Fabianski; Naughton, Fernandez, Mawson, Olsson; Carroll, Britton, Fer; Ayew, Abraham, Routledge.

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Jones, Bailly, Blind; Matic, Pogba; Mata, Mkhitaryan, Rashford; Lukaku.

Enam pertemuan terakhir
30-04-2017 Liga Primer Manchester United vs Swansea City 1-1
06-11-2016 Liga Primer Swansea City vs Manchester United 1-3
02-01-2016 Liga Primer Manchester United vs Swansea City 2-1
30-08-2015 Liga Primer Swansea City vs Manchester United 2-1
21-02-2015 Liga Primer Swansea City vs Manchester United 2-1
16-08-2014 Liga Primer Manchester United vs Swansea City 1-2
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8196 seconds (0.1#10.140)