6 Skill yang Harus Dimiliki Ketua OSIS, No 4 Rendah Hati

Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:50 WIB
loading...
6 Skill yang Harus Dimiliki Ketua OSIS, No 4 Rendah Hati
Ketua OSIS adalah pemimpin tertinggi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang harus memiliki 6 skill supaya menjadi pemimpin yang baik. Foto/Universitas Nusa Mandiri.
A A A
JAKARTA - Ketua OSIS adalah pemimpin tertinggi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Agar menjadi pemimpin yang semakin dibanggakan oleh teman dan sekolah tentunya seorang ketua OSIS perlu memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding sebayanya.

Tujuan dari OSIS adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan sejak dini. Siswa yang masuk kepengurusan juga diberikan rasa tanggung jawab untuk membentuk karakter di masa depan.

OSIS juga hadir sebagai wadah untuk mengembangkan potensi siswa sehingga bisa mengaktualisasikan ide-ide maupun gagasan dari peserta didik demi kemajuan sekolah.

Baca juga: 10 Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS saat Debat, Bisa Dijadikan Referensi!

Pengurus OSIS biasanya terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Ketua OSIS tentu dipilih dari siswa yang terbaik sehingga bisa memimpin organisasi ini demi kemajuan sekolah dan siswa.

Lalu apa saja skill yang harus dimiliki seorang ketua OSIS? Dikutip dari laman SMA Dwiwarna, berikut ini ulasannya.

6 Skill yang Harus Dimiliki Ketua OSIS

1. Mampu Berkomunikasi


Menjadi seorang pemimpin di mana pun itu memang harus memiliki skill komuniksi yang baik. Sebab seorang ketua OSIS harus mampu menjembatani apa yang dibutuhkan teman-temannya dengan guru ataupun pihak lain. Berbagai ide dan pendapat akan dapat diterima jika ketua OSIS mampu mengkomunikasikannya dengan lugas, tepat, dan jelas.

2. Bijaksana dan Tegas


Seorang ketua OSIS yang bijaksana artinya tahu mana yang baik dan benar serta bisa menempatkan permasalahan sebagaimana mestinya.

Selain bijak, ketua OSIS juga harus mampu bersikap tegas sehingga bisa menyelesaikan masalah, memegang teguh hal yang benar, dan tidak terbujuk dengan hal yang melanggar peraturan sekolah.

Baca juga: Golden Ticket IPB University untuk 15 Ketua OSIS Terbaik, Berikut Daftar Namanya

3. Bertanggung Jawab


Ketua OSIS yang berfungsi sebagai koordinator setiap kegiatan siswa di sekolah harus mampu mempertanggungjawabkan semua keputusan yang diambilnya. Ketua OSIS juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pengurus sudah melakukan tugasnya dengan baik.

4. Rendah Hati


Sekalipun ketua OSIS adalah contoh teladan dan siswa pilihan namun keunggulannya itu tidak boleh membuatnya sombong. Seorang ketua OSIS harus mampu merangkul semua siswa di sekolah, baik teman satu angkatan, kakak kelas maupun adik kelas, tanpa pandang bulu.

5. Rajin


Sebagai role model bagi siswa yang lainnya, tentu ketua OSIS harus rajin, baik di bidang akademik maupun lainnya. Setiap kali ada kegiatan di sekolah, maka ketua OSIS harus bisa menunjukkan partisipasi aktifnya sehingga teman-teman yang lainnya tidak ragu untuk mengikutinya.

Begitu juga ketika menjadi koordinator kegiatan di sekolah, kamu harus rajin untuk menemui dan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait.

6. Ramah


Ketua OSIS harus bisa bersikap ramah kepada siapa saja yang ada di lingkungan sekolah. Sikap ramah ini bisa kamu terapkan kepada teman, kakak kelas, adik kelas, guru dan staf lainnya di sekolah. Jangan ragu untuk menyapa siapa saja yang kamu temui di sekolah dengan cara yang sopan dan baik.

Demikian 6 skill yang harus dimiliki seorang ketua OSIS yang baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3941 seconds (0.1#10.140)