5 Fakta Beruang Kutub, Karnivora Terkuat Pemakan Anjing Laut

Kamis, 02 November 2023 - 07:29 WIB
loading...
5 Fakta Beruang Kutub, Karnivora Terkuat Pemakan Anjing Laut
Selain di wilayah Arktik, beruang kutub juga ditemukan di Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, dan beberapa pulau utara Norwegia. (Foto: Britannica)
A A A
JAKARTA - Beruang kutub alias beruang es dikenal sebagai hewan karnivora terkuat. Hobinya pun ekstrem, yaitu makan anjing laut. Beruang kutub atau Ursus maritimus berada di famili Ursidae yang sering ditemukan di wilayah Arktik.

Selain di wilayah Arktik, beruang kutub juga bisa tinggal di Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, dan beberapa pulau utara Norwegia seperti Svalbard.

Beruang kutub memiliki tubuh yang kekar, leher panjang, kepala yang relatif kecil, telinga pendek membulat, dan ekor yang pendek. Besar beruang kutub bisa mencapai 410 - 720 kilogram dengan tinggi sekitar 1,6 meter.

Berikut fakta lain dari beruang kutub dirangkum dari berbagai sumber:

1. Karnivora Terbesar dan Terkuat


Beruang kutub termasuk hewan karnivora terbesar dan terkuat di darat. Beruang kutub tidak memiliki predator alami dan tidak memiliki rasa takut terhadap manusia. Hal ini yang menjadikan beruang kutub sebagai hewan yang sangat berbahaya.


2. Kulit Berwarna Hitam


Beruang kutub memiliki kulit berwarna hitam. Warna asli beruang kutub dapat dilihat dari warna hidungnya yang berwarna hitam. Beruang kutub juga memiliki warna bulu transparan, sehingga warna putih dilihat sebagai pantulan salju yang dapat membuat beruang kutub berkamuflase di sekitar salju dan es.

3. Perenang Kuat


Beruang kutub adalah perenang yang sangat kuat. Beruang kutub bisa berenang karena memiliki cakar depan yang besar dan sedikit berselaput, sehingga digunakan untuk mengayuh. Bahkan, beberapa beruang kutub terlihat berenang ratusan mil dari daratan.

4. Pemakan Anjing Laut


Beruang kutub menjadikan anjing laut sebagai makanan utamanya. Beruang kutub sangat menyukai anjing laut bercincin dan juga anjing laut berjanggut. Beruang kutub akan menunggu anjing laut ke permukaan untuk bernapas dan akan menggigit serta menariknya ke daratan untuk dimakan. Beruang kutub juga seringkali memakan bayi anjing laut yang berada di sarangnya. Selain itu, beruang kutub akan memakan segalanya apabila anjing laut tidak ditemukan, seperti walrus dan paus.


5. Rentan Punah

Organisasi IUCN mengklasifikasikan beruang kutub sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan . Ancaman terbesar beruang kutub adalah adanya pengaruh pemanasan global yang terus mengurangi cakupan es laut Arktik. Selain itu, kurangnya makanan yang membuat peningkatan kelaparan dan penurunan keberhasilan perkawinan beruang kutub.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)