Swastanisasi Bandara dan Pelabuhan Ditarget Sumbang PNBP Rp1 T

Selasa, 10 Oktober 2017 - 18:12 WIB
Swastanisasi Bandara dan Pelabuhan Ditarget Sumbang PNBP Rp1 T
Swastanisasi Bandara dan Pelabuhan Ditarget Sumbang PNBP Rp1 T
A A A
JAKARTA - Pemerintah optimistis program swastanisasi 30 bandara dan 20 pelabuhan masih berjalan baik. Selain tidak membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), juga ditarget mampu menyumbang pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp1 triliun per tahun.

(Baca Juga: Pemerintah Akan Swastanisasi 30 Bandara dan 20 Pelabuhan)

"Awal-awal kita targetkan dapat menyumbang sektor PNBP sebesar Rp1 triliun," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai jadi keynote speaker di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dari 30 bandara yang menjadi target diswastanisasi, di antaranya Belitung, Bengkulu, Tarakan, Samarinda, Banyuwangi, Palu, Kendari, dan Bandara Jayapura. Sementara untuk pelabuhan, ada 20 lokasi, di antaranya yang sudah dilepas pengelolaannya ke swasta yaitu Pelabuhan Probolinggo, Bima, dan Pelabuban Waingapu.

Selain mengalihkan dana APBN yang biasanya untuk pemeliharaan bandara maupun pelabuhan ke pembangunan infrastruktur lain di Indonesia timur, Budi Karya juga merinci tenaga atau SDM dapat dialihkan ke daerah terpencil, terluar dan terdepan dalam program pengembangan tol laut maupun jembatan udara.

"Terus supaya orang-orangnya yang biasa di bandara dan pelabuhan, kita taruh di bandara-bandara yang belum ada manajernya. Jadi, tujuan swastanisasi adalah bagaimana mengefisienkan APBN bisa digunakan untuk daerah pinggiran," ujar Menhub.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2932 seconds (0.1#10.140)