alexa snippet

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL

Hat-trick Messi Pastikan Argentina Terbang ke Rusia

Hat-trick Messi Pastikan Argentina Terbang ke Rusia
Tiga gol yang dicetak Lionel Messi dalam laga melawan Ekuador membuat Argentina lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. / Foto/Reuters
A+ A-
JAKARTA - Brasil, Argentina, Uruguay dan Kolombia sudah dipastikan akan menjadi wakil Amerika Selatan (CONMEBOL) di putaran final Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia. Sementara, satu negara lainnya, Peru masih harus melewati playoff melawan juara Zona Oceania, Selandia Baru pada November.

Kepastian Argentina dan Kolombia mengikuti Brasil dan Uruguay lolos langsung ke Rusia didapatkan, setelah kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL merampungkan pertandingan terakhirnya pada Rabu (11/10) pagi.

Berlaga di depan publiknya di Stadion Allianz Parque, Sao Paulo, Brasil sukses menggasak Chile tiga gol tanpa balas. Gol-gol kemenangan Brasil dihasilkan oleh Paulinho dan dua gol Gabriel Jesus. Brasil pun menguasai puncak klasemen akhir dengan 41 poin dari 18 pertandingan.

Uruguay menguntit di belakang Brasil dengan selisih 10 poin. La Celeste di laga pamungkas berhasil membekap Bolivia 4-2. Gol Uruguay di pertandingan yang berlangsung di Estadio Centenario, Montevideo itu dicetak oleh Martin Caceres, Edison Cavani, serta dwigol Luis Suarez. Sedangkan dua gol balasan dari Bolivia lahir dari gol bunuh diri yang dilakukan Gaston Silva dan Diego Godin.

Argentina yang sempat ketar-ketir gagal ke putaran final Piala Dunia 2018, akhirnya memastikan tiket langsung ke Rusia berkat kemenangan 3-1 di kandang Ekuador di Estadio Olimpico Atahualpa, Quito.

Kekhawatiran Argentina gagal lolos ke Rusia semakin tinggi ketika Romario Andres Ibarra Mina mengoyak jala gawang Tim Tango yang dikawal Sergio Romero di awal permainan. Beruntung, Argentina memiliki Lionel Messi. Pasalnya, bintang penyerang Barcelona itu memborong tiga gol kemenangan Argentina.

Bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Peru, Kolombia akhirnya menjadi tim keempat yang memastikan terbang ke Rusia pada tahun depan. Radamel Falcao dkk menempati peringkat keempat dengan mengantongi 27 poin atau unggul satu poin dari Peru, yang berada di posisi kelima atau batas playoff.

Hasil pertandingan terakhir penyisihan Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL
- Brazil 3 - 0 Chile
- Ekuador 1 - 3 Argentina
- Paraguay 0 - 1 Venezuela
- Peru 1 - 1 Kolombia
- Uruguay 4 - 2 Bolivia

Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL
Peringkat Tim Tanding Poin
1 Brasil 18 41
2 Uruguay 18 31
3 Argentina 18 28
4 Kolombia 18 27
5 Peru 18 26
6 Chile 18 26
7 Paraguay 18 24
8 Ekuador 18 20
9 Bolivia 18 14
10 Venezuela 18 12
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top