Pujian dan Dukungan Para Ulama Terhadap Perjuangan Hamas

Kamis, 09 November 2023 - 16:51 WIB
loading...
Pujian dan Dukungan Para Ulama Terhadap Perjuangan Hamas
Para pejuang Hamas memiliki akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah. Di medan perang, mereka tetap melaksanakan sholat dan membaca Al-Quran. Foto/Reuters/Abu Mustafa/ist
A A A
Mereka yang sering melontarkan fitnah dan dusta terhadap perjuangan Hamas perlu menyimak ulasan ini. Para pencela ini banyak yang mengaku muslim, pro Palestina, tetapi justru mencela pejuang dan Mujahidin yang mempertahankan Tanah Airnya.

Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia Ustaz Farid Numan Hasan mengatakan, para tukang fitnah ini harus dibungkam agar tidak seenaknya melancarkan fitnah dan kebohongan publik. Kepada umat Islam dan orang-orang yang berada di pihak Palestina agar tetap istiqamah mendoakan warga Palestina dan membantunya semampu mungkin.

Berikut pujian dan dukungan para Ulama terhadap perjuangan Hamas yang membela Palestina dari penjajahan Zionis Israel:

1. Pujian Mufti Arab Saudi kepada Pendiri Hamas
Mufti Arab Saudi, Syaikh Abdul Aziz Alu Asy-Syaikh berkata ketika mendengar berita wafatnya Syaikh Ahmad Yasin:

فإناً قد تلقينا ببالغ الحزن نبأ اغتيال الشيخ الشهيد أحمد ياسين غفر الله له ورحمه ورفع درجته في المهديين وخلفه في عقبه في الغابرين على يد طغمة فاسدة ظالمة عليها من الله ما تستحق ولما كان معروفاً عن الشيخ رحمه الله صبره وجهاده ووقوفه في وجه الظلم سني حياته فإني أرجو أن تكون خاتمته هذه خاتمة السعادة وأن يكون من الشهداء الأبرار

"Sesungguhnya kami menerima kabar terbunuhnya Syaikh Asy-Syahid Ahmad Yasin ini dengan perasaan duka. Semoga Allah mengampuni beliau, merahmatinya, dan meninggikan derajatnya di surga dan memberikan pengganti beliau dalam rangka melawan kekuatan zalim yang keji semoga Allah membalas berbuatan mereka. Sepanjang hayatnya, Syaikh dikenal orang yang bersabar, berjihad, dan tegar dihadapan kezaliman, saya berharap semoga akhir kehidupannya adalah kehidupan yang bahagia dan sebagai Syuhada yang penuh kebaikan."

2. Pujian Syaikh Al-Luhaidan (Ulama Senior di Arab Saudi, Anggota Hai'ah Kibaril 'Ulama)
Syaikh Shalih Al-Luhaidan mengkritik keras orang-orang yang mencela dan memfitnah Hamas dan Syaikh Ahmad Yasin rahimahullah.

Beliau berkata:

الرجل أشتهر عنه الخير .. والثبات ..
وإغاضة اليهود .. ومن ورائهم من حماتهم ..المدافعين عنهم ..ثم الرجل قُتِل قتلةً ،، بشعةً ،، شنيعة .. نسأل الله أن يجعله بعدها في أعلى عليين .. تَنَقُصُهم ، هو ومن يقاتل اليهود ، .. لايدل على خير من المُنَتَقِص .. وإنما إما يدل على إما جهل بالحقائق ..أو عن هوى ..والمسلم ينبغي أن يتجنب هذا وهذا ..

"Laki-laki ini (Syaikh Ahmad Yasin) terkenal dengan kebaikannya, keteguhannya dan perlawanannya yang sengit terhadap Yahudi. Dan, di belakang beliau ada orang-orang yang siap melindungi dan membelanya (maksudnya Hamas). Kemudian Syaikh Ahmad Yasin dibunuh secara keji dan tak berperikemanusiaan. Kita memohon kepada Allah memasukkannya di surga-Nya yang tinggi. Orang-orang yang menjelek-jelekkan mereka (Hamas) –beliau dan orang-orang yang memerangi Yahudi- tidak menunjukkan kebaikan orang yang menjelek-jelekkannya, melainkan menunjukkan kebodohannya terhadap fakta yang ada atau hanya menunjukkan hawa nafsunya. Seorang muslim hendaknya menjauhi hal ini dan itu."

3. Syaikh Abdul Hayy Yusuf, Ulama Sudan, Alumni Madinah
Syaikh ditanya oleh seseorang bernama 'Adil Abdul Mun'im: "Apa hukum orang yang mencela saudara-saudara kita di Gaza?" Jawaban: "Mencela para Mujahid adalah sifat kaum munafiq. Kaum munafiq mencela para Mujahidin, mencela para pimpinan Mujahid, menciptakan keraguan atas niat mereka, dan menganggap bodoh perbuatan mereka. Inilah perilaku kaum munafiq sejak masa lalu."

Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

أَشِحَّةً عَلَيۡكُمۡۖ فَإِذَا جَآءَ ٱلۡخَوۡفُ رَأَيۡتَهُمۡ يَنظُرُونَ إِلَيۡكَ تَدُورُ أَعۡيُنُهُمۡ كَٱلَّذِي يُغۡشَىٰ عَلَيۡهِ مِنَ ٱلۡمَوۡتِۖ فَإِذَا ذَهَبَ ٱلۡخَوۡفُ سَلَقُوكُم بِأَلۡسِنَةٍ حِدَادٍ أَشِحَّةً عَلَى ٱلۡخَيۡرِۚ أُوْلَٰٓئِكَ لَمۡ يُؤۡمِنُواْ فَأَحۡبَطَ ٱللَّهُ أَعۡمَٰلَهُمۡۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٗا

"Mereka (kaum munafiq) kikir terhadapmu. Apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati, dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka kikir untuk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapus amalnya. Dan yang demikian itu mudah bagi Allah." (QS Al Ahzab: 19)

4. Syaikh Shalih Al-Maghamisi hafizahullah (Mantan Imam dan Khathib Masjid Quba Arab Saudi)
Beliau berkata tentang Syaikh Ahmad Yasin, Hamas dan pejuang di Gaza:

أولئك المرابطين في غزة .. ومحبتهم وموالاتهم دينهم وقربة وواجب .. وهم عندي المعنيون بقول النبي صلى الله عليه وسلم : المرابطون في اكناف بيت المقدس

"Merekalah orang-orang yang menjaga Gaza (didasari) oleh kecintaan dan kesetiaan mereka kepada agama, qurbah (ibadah kepada Allah), dan menjalankan kewajiban. Bagiku merekalah yang dimaksud dalam hadits Nabi ﷺ : "Orang-orang yang melindungi sekitar Baitul Maqdis."

5. Syaikh Muhammad Al-'Arifi Hafizhahullah (Da'i terkenal di Arab Saudi)
Beliau menjelaskan tentang hadits: Akan ada sekelompok ummatku yang senantiasa berada diatas kebenaran, mereka menang dan mengalahkan musuh mereka, orang yang menentang mereka tidaklah membahayakan mereka kecuali cobaan yang menimpa mereka hingga urusan Allah tiba dan mereka tetap seperti itu." Mereka bertanya; Wahai Rasulullah! Dimana mereka? Rasulullah ﷺ bersabda: "Baitul Maqdis dan di sekitar Baitul Maqdis." (HR Ahmad 22320)

Syaikh Al 'Arifi menjelaskan:

أنا أرى -والله تعالى اعلم- أن هذا الحديث ينطبق على اخواننا فى حماس.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)