alexa snippet

Kualifkasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF

Panama Berlakukan Hari Libur Nasional Usai Lolos ke Piala Dunia

Panama Berlakukan Hari Libur Nasional Usai Lolos ke Piala Dunia
Suporter Timnas Panama. Foto/Reuters
A+ A-
PANAMA - Kejutan datang dari babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. Pada Selasa (10/10/2017) malam waktu setempat, Panama berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia usai mengalahkan Kosta Rika dengan skor 2-1.

Di laga tersebut, Panama sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Johan Venegas menit 38. Namun Panama mampu bangkit serta membalikkan keunggulan melalui aksi Gabriel Torres menit 53 dan Roman Torres menit 88. Berkat kemenangannya ini, Panama finis di posisi tiga klasemen zona CONCACAF dengan perolehan 13 poin.

Koleksi poin Panama sebenarnya setara dengan Honduras yang ada di peringkat empat. Namun Panama lebih berhak maju ke Rusia secara otomatis sebab mereka unggul dalam data head to head. Saat pertemuan pertama, Panama menang 1-0 di markas Honduras. Sementara di pertemuan selanjutnya, mereka bermain imbang 2-2. Alhasil Honduras terpaksa lolos ke jalur playoff sebelum memastikan tempat di Piala Dunia tahun depan.

Bagi Panama, ini menjadi keikutsertaan perdana mereka di pentas Piala Dunia. Untuk merayakan keberhasilan ini, Presiden Panama, Juan Carlos Varela memberlakukan libur nasional pada Rabu (11/10/2017) atau sehari setelah negaranya dipastikan lolos ke pesta sepak bola terbesar sejagat raya.

"Ini hari bersejarah untuk masyarakat Panama. Besok (Rabu) adalah hari libur nasional. Jadikan ini hari bersejarah buat Panama. Seluruh pekerja dari sektor publik dan swasta diliburkan. Di momen libur nasional ini, kegiatan sekolah swasta dan negeri juga ditiadakan. Semua masyarakat merayakan ini dengan keluarganya," ungkap Juan Carlos Varela di Twitter.

Selain Panama, Meksiko dan Kosta Rika juga lolos mewakili negara-negara dari zona CONCACAF. Meksiko ada di puncak klasemen dengan raihan 21 poin. Sedangkan Kosta Rika menyandang status runner up dengan perolehan 16 poin.
(bep)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top