5 Fakta Universitas Andalas, Tempat Cawapres Mahfud MD Mengisi Kuliah Umum

Jum'at, 17 November 2023 - 12:02 WIB
loading...
5 Fakta Universitas Andalas, Tempat Cawapres Mahfud MD Mengisi Kuliah Umum
Universitas Andalas (Unand) menjadi lokasi Cawapres Mahfud MD menyampaikan kuliah umum tentang Mewujudkan Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. Foto/Unand.
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden, (Cawapres) Mahfud MD mengisi kegiatan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis (16/11/2023). Mahfud menegaskan kegiatan kuliah umumnya tersebut bukanlah bentuk politik praktis.

Mahfud memberikan kuliah umum kepada civitas academika dan para mahasiswa Unand dengan tema bertajuk "Mewujudkan Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat"

Mahfud mengatakan, untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, penting untuk menyampaikan materi kuliah umum tentang pemilu kepada para mahasiswa Unand.

Baca juga: Mahfud MD Mengisi Kuliah Umum Tentang Demokrasi di Unand

Universitas Andalas merupakan salah satu universitas favorit bagi para mahasiswa, terlebih di pulau Sumatera. Saat ini, kampus tersebut telah memiliki akreditasi Unggul dan menempati 10 besar kampus terbaik versi Kemendikbudristek.

Universitas Andalas juga memiliki banyak fakta-fakta menarik, berikut 5 fakta menarik di antaranya:

1. Universitas Pertama di Sumatera


Universitas ini didirikan pada akhir abad ke-19, oleh para tokoh cendekiawan kota Padang. Pada masa awal pendiriannya, kampus ini mengalami berbagai kesulitan seperti terkendala dalam pembuatan izin yang sukar diterima kolonial Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, ternyata pendirian Unand masih mengalami keterbatasan. Barulah pada tahun 1956, Unand diresmikan oleh Drs. Mohammad Hatta yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden

2. Nama Andalas dari Bung Hatta


Nama Universitas Andalas diusulkan oleh Bung Hatta merujuk pada Pulau Andalas, nama pulau yang ada di Sumatera.

Pemberian nama Andalas pada pulau ini sendiri disebabkan oleh banyaknya pohon andalas yang tumbuh di pulau tersebut. Pohon andalas merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Pulau Sumatera.

3. Berperan untuk Ekonomi Masyarakat


Keberadaan Unand membuat terjadinya peningkatan sektor ekonomi masyarakat sekitar. Khususnya di Kapolo Kato dan Limau Manis.

Baca juga: 5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Peningkatan sektor ekonomi masyarakat ini terjadi sejak perpindahan kampus ini ke Limau Manis Pauh pada tahun 1991 hingga sekarang.

Dengan adanya universitas Unand, para masyarakat membuka berbagai usaha seperti rumah makan sampai kos-kosan. Banyak juga masyarakat lokal yang diterima untuk bekerja di Unand.

4. Banyak Tempat Ibadah


Unand memiliki banyak tempat ibadah, khusunya untuk umat muslim seperti masjid dan musholla. Masjid utamanya adalah masjid Nurul Ilmi yang terletak di bagian depan.

Namun ternyata, hampir semua fakultas memiliki masjid, tercatat ada tiga masjid lain yang berada di Fakultas Mipa, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ekonomi.

Selain itu, ada juga salah satu musholla yang unik yang terletak di kampus bagian atas. Musolla tersebut memilki dinding hingga mimbar yang terbuat dari bebatuan.

5. Bangunan yang Unik


Selain memiliki bangunan musholah yang unik, bangunan gedung rektorat Unand juga terbilang berbentuk unik. Ini dikarenakan bangunan gedung rektorat tersebut mirip dengan markas Power Rangers.

Power Rangers merupakan serial film tontonan anak-anak yang populer pada tahun 90an. Dalam film markas Power Rangers yang diduduki oleh karakter Alfa dan Gordon terletak di atas bukit menyendiri, sama seperti gedung rektorat Unand yang bila terlihat dari jauh mirip markas tersebut.

Itulah 5 fakta menarik soal Universitas Andalas yang dikunjungi oleh Mahfud MD. Semoga menambah wawasanmu ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3076 seconds (0.1#10.140)