Apakah Lulusan Politeknik Bisa Jadi PNS? Simak Penjelasannya di Sini

Sabtu, 18 November 2023 - 10:55 WIB
loading...
Apakah Lulusan Politeknik Bisa Jadi PNS? Simak Penjelasannya di Sini
Politeknik adalah lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada pengajaran keterampilan dan penerapan ilmu. Foto/Dok. Poltekim
A A A
JAKARTA - Apakah lulusan politeknik bisa jadi PNS ? Pertanyaan ini kerap muncul di benak banyak orang, terutama calon mahasiswa.

Pada dasarnya, politeknik adalah lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada pengajaran keterampilan dan penerapan ilmu. Sistem pendidikan pada politeknik lebih menitikberatkan pada praktik daripada teori.

Politeknik juga menerapkan pendidikan vokasional atau pelatihan kejuruan karena orientasinya lebih khusus pada bidang tertentu seperti teknologi, pendidikan, media, dan lainnya.

Lantas, apakah lulusan politeknik bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Simak jawabannya berikut ini.

Apakah Lulusan Politeknik Bisa Jadi PNS?


Jawabannya adalah bisa. Lulusan politeknik memiliki peluang untuk masuk ke dalam jajaran PNS.

Pasalnya, pemerintah dan instansi penerima PNS mengakui peran penting politeknik dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.



Politeknik telah beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang. Banyak program studi di politeknik yang telah berhasil memperoleh akreditasi tinggi dari lembaga terkait.

Akreditasi ini membuktikan kualitas pendidikan yang diberikan oleh politeknik dan meningkatkan peluang lulusannya untuk diterima sebagai PNS.

Selain itu, pemerintah dalam merekrut PNS cenderung mempertimbangkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki oleh calon pegawai, bukan hanya latar belakang perguruan tinggi tempat mereka belajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)