Perkuat Pasokan Batu Bara PLTU, PLN Siapkan Strategi Coal Blending Facility

Selasa, 21 November 2023 - 17:09 WIB
loading...
Perkuat Pasokan Batu Bara PLTU, PLN Siapkan Strategi Coal Blending Facility
Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PLN Energi Primer Indonesia ( PLN EPI ) telah melakukan kajian pengembangan Coal Blending Facility (CBF) sebagai alternatif solusi mengatasi menurunnya cadangan batubara. Bekerja sama dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), PLN EPI akan memperkuat keandalan pasokan energi primer untuk pembangkit di PLN Grup.

"PLN EPI telah melakukan langkah-langkah strategis, salah satunya dengan penguatan pasokan energi primer untuk pembangkit listrik untuk menjamin keandalan suplai listrik ke pelanggan," ujar Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam siaran pers, Selasa (21/11/2023).



Menurut dia seiring meningkatnya krisis energi dunia, pasokan batubara untuk pembangkit semakin terbatas. Dalam hal ini, PLN telah melakukan inovasi tata kelola energi primer untuk menjamin keandalan listrik nasional.

"Inovasi PLN melalui CBF dirasa tepat karena akan memasok batubara dalam jumlah yang cukup, berkualitas baik dan tepat waktu," kata dia.

Pihaknya melihat streamlining rantai pasok energi yang telah dibangun PLN akan semakin kokoh dengan adanya CBF. Termasuk kolaborasi dengan PT KBS yang akan membantu PLN memperoleh batubara dengan kalori yang sesuai melalui CBF dan menjamin pengiriman batubara tepat waktu.

Cara kerja CBF adalah dengan mencampur batubara berkalori tinggi dan rendah sehingga mencapai kalori yang dibutuhkan Pembangkit.

"Saya optimis dengan bantuan KBS rantai pasok kami akan semakin andal. Hal ini juga menampakkan sinergi kuat antar sesama BUMN untuk bersama-sama menerangi seluruh Indonesia," tambahnya.



Dengan adanya inovasi ini, Iwan optimistis pembangkit PLN tidak akan mengalami derating atau penurunan daya mampu. Sehingga, pasokan listrik untuk masyarakat tetap terjamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)