alexa snippet

Timnas U-16 Uji Kemampuan Pemain Muda Lewat Laga Eksibisi

Timnas U-16 Uji Kemampuan Pemain Muda Lewat Laga Eksibisi
A+ A-
JAKARTA - Tim Nasional Indonesia U-16 mendapatkan kesempatan untuk melakoni dalam laga eksibisi melawan jawara Gothia Cup 2016 di Stadion Bea Cukai Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (11/11). Laga uji coba ini sekaligus menandai dibukanya turnamen usia muda U-16 bertajuk Nivea Man Cup U-16.

Turnamen sepak bola usia dini tersebut telah memasuki edisi keempat. Pada musim 2017/2018 ini, sebanyak 22 tim akan ambil bagian dalam Nivea Men Cup U-16. Sebagai pembuka turnamen yang ditujukan untuk mencari bakat-bakat muda sepak bola Indonesia itu, hadir sejumlah pemain-pemain Timnas Indonesia U-16 yang memang jebolan dari turnamen usia dini tersebut.

Setidaknya ada beberapa pemain Timnas U-16 ikut ambil bagian pada pertandingan uji coba ini. Sebut saja Rendy Juliansyah dan Ahmad Rusadi (pemain ASIOP Apacinti), Andrea Oktaviansyah (Pelita Jaya), Yudha Febrian (Cibinong Putra), Yadi Mulyadi, Hamsa Lestaluhu, Sukrayatul Fajra, dan Ahluz Dzikir (ASAD Purwakarta).

Mereka tampil untuk memberikan pengalaman serta tampil untuk menginspirasi sesama pemain U-16 yang akan bertanding di turnamen tersebut. Sebagai pemain Timnas Indonesia U-16 yang berhasil lolos ke kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Rendy Juliansyah dkk memang tengah menjadi panutan untuk pemain muda bertelenta.

PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Tanah Air dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) mendukung penuh turnamen yang digagas pihak swasta ini. Seperti yang diutarakan Direktur Teknik PSSI Danurwindo.

Danurwindo menilai turnamen ini adalah wadah dan bagian program untuk membuat pemain Indonesia mencapai level permainan yang tinggi. Turnamen usia dini seperti ini dianggap membentuk pemain muda berkualitas untuk timnas Indonesia di masa depan.

"Ini bagian dari tiga pilar pembinaan usia muda. Jadi turnamen ini bagian program kita. Kompetisi ini harus terus digalakkan di sepak bola Indonesia," jelas Danurwindo.

Di bagian terpisah, kegiatan ini disambut antusias pihak sponsor, PT Beiersdorf Indonesia yang menilai para pemain muda saat ini sangat dibutuhkan Indonesia. Menurutnya, turnamen usia muda macam Nivea Men Cup U-16 2017 ini dibutuhkan Indonesia yang memang tengah membangun sepak bola sejak usia dini.

"Sangat menarik menyaksikan pemain muda bertanding di sini. Mereka memang dibutuhkan oleh Indonesia. Kami pun sangat gembira karena bisa bekerja sama untuk menggelar kegiatan ini," ujar Direktur Beiersdorf Indonesia Holger Welters.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top