RESMI: Italia Pecat Pelatih Giampiero Ventura

Kamis, 16 November 2017 - 01:42 WIB
RESMI: Italia Pecat Pelatih Giampiero Ventura
RESMI: Italia Pecat Pelatih Giampiero Ventura
A A A
ROMA - Federasi Sepak Bola Italia (Federazione Italiana Giuoco Calcio/FIGC) resmi memberhentikan Pelatih Giampiero Ventura. Pelatih berusia 69 tahun itu gagal meloloskan timnas Italia ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Ventura menjadi pelatih pertama yang gagal membawa Azzurri ke Piala Dunia, setelah Piala Dunia 1958. Namun, pernyataan FIGC tidak jelas, apakah Ventura dipecat atau mengundurkan diri.

Presiden asosiasi wasit Marcello Nicchi mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan FIGC di Roma bahwa pelatih tersebut "dikeluarkan dari jabatannya."

Awalnya, Ventura menolak mengundurkan diri pasca kegagalan Italia setelah bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada leg kedua playoff kualifikasi zona Eropa, Senin. Italia kalah agregat 0-1. (Baca Juga: Media Italia Sebut FIGC Resmi Pecat Giampiero Ventura).

Namun yang pasti, pertemuan petinggi FIGC di Roma, Rabu (15/11/2017) telah memberhentikan Ventura secara resmi. Pertemuan yang diadakan oleh Presiden FIGC Carlo Tavecchio itu dihadiri Presiden dan pemangku kepentingan federal seperti Gabriele Gravina, Marcello Nicchi, Cosimo Sibilia, Damiano Tommasi, dan Renzo Ulivieri.

"Diskusi dimulai pada soal kegagalan tim nasional lolos ke Piala Dunia 2018," demikian siaran pers FIGC.

"Sebagai bahasan pertama, Tavecchio bicara pembinaan Azzurri, sebagaimana hari ini, Giampiero Ventura bukan lagi Commissario Tecnico dari tim nasional."

Sejak mengganti Antonio Conte, Ventura menjalani 17 pertandingan, menang 10, imbang empat, dan tumbang tiga, termasuk laga persahabatan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1659 seconds (0.1#10.140)